KPU: Keterangan Tidak Pailit Cukup Pengadilan Niaga

0
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum. Foto: Istimewa
SERUBANJARMASIN.COM, Tanjung – Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Suparman mengatakan surat keterangan tidak pailit dapat dibuat oleh Pengadilan Niaga setempat atau tempat tinggal pemohon sebagai salah satu syarat pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“Sesuai surat edaran yang dikeluarkan Ketua Mahkamah Agung maka surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit dapat diajukan ke Pengadilan Niaga di wilayah hukum pemohon,” jelas Suparman di Tanjung, Rabu (3/1).

Sesuai dalam Surat Edaran Nomor 3 tahun 2016 tentang Permohonan Surat Keterangan Bagi Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Pengadilan.

Dalam surat edaran tersebut juga mengatur soal surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana, tidak sedang dicabut hak pilihnya dan dipidana karena kealpaan ringan (Culpa Levis) atau alasan politik.

Serta surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan atau secara badan hukum yang menjadi tanggungjawabnya yang merugikan keuangan negara.

Suparman menambahkan surat edaran ini akan disampaikan ke pihak terkait mulai dari tim penghubung masing – masing seperti bakal calon, pengurus Parpol, Panwaslu, pengadilan hingga instansi pemerintah.

KPU Kabupaten Tabalong pun telah memasang pengumuman pendaftaran bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati dalam pemilihan Kepala Daerah 2018 dengan jadwal 1 sampai 7 Januari 2018.

Selanjutnya pendaftaran pasangan calon dilaksanakan mulai 8 sampai 10 Januari 2018 dilanjutkan pemeriksaan kesehatan pada 13 Januari 2018.

“Untuk pemeriksaan kesehatan pasangan calon sudah kita jadwalkan pada 13 Januari 2018 di RSUD Ulin Banjarmasin dan penyerahan hasil kesehatan pada 15 Januari 2015,” jelas Suparman.

Sementara itu dalam pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon termasuk tes narkoba oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalsel dan kejiwaan oleh Himpunan Psikologi Indonesia. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: