KPU Tanjungpinang Coklit Data 10 Tokoh Terkemuka

0
Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria (tengah). (ist)
SERUBATAM.COM, Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum Tanjungpinang akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data tokoh terkemuka di ibu kota Kepulauan Riau itu sebagai dasar penetapan Daftar Pemilih Sementara Pilkada 2018.

“Coklit data dimulai 20 Januari-18 Februari 2018, dimulai dari tokoh terkemuka,” kata Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria di Tanjungpinang, Senin (15/1).

Ketua KPU mengatakan 10 tokoh terkemuka itu antara lain Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Tokoh terkemuka itu akan didatangi petugas pemutakhiran data pemilih, panita pemungutan suara, panitia pemilihan kecamatan, Komisioner KPU Tanjungpinang dan Komisioner KPU Kepri.

Ia menjelaskan, setelah tokoh terkemuka, petugas akan melakukan coklit di seluruh rumah warga di Tanjungpinang. Masyarakat diharapkan mendukung program ini untuk menyukseskan Pilkada Tanjungpinang 2018.

Petugas dibekali identitas resmi agar lebih mudah dikenali.

Sebanyak 523 orang petugas coklit akan mengumpulkan data pada lebih dari 74.800 keluarga, berdasarkan data jumlah kartu keluarga di Tanjungpinang.

Petugas coklit terdiri dari petugas pemutakhiran data pemilih, panitia pemungutan suara dan panitia pemilihan kecamatan. Mereka akan saling berkoordinasi untuk menuntaskan tahapan tersebut.

“Satu persatu rumah pada empat kecamatan di Tanjungpinang akan diteliti dan didata petugas,” ujarnya.

Robby mengatakan coklit data calon pemilih dibutuhkan sebagai dasar dalam menetapakan daftar pemilih sementara.

Berdasarkan data KPU Tanjungpinang, daftar potensial pemilih pilkada sebanyak 146.476 orang, sementara data hasil sinkronisasi daftar pemilih tetap Pilkada Kepri 2015 sekitar 154 ribu orang.

“Jumlah pemilih pada Pilkada Tanjungpinang tahun 2018 lebih banyak,” ucapnya. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: