KPU Uji Kekuatan Kotak Suara Pemilu 2019

0
KPU provinsi jambi sosialisasikan tahap logistik pemilu 2019. Foto: Muslim/Serujambi.com

SERUJAMBI.COM, Jambi – Menjelang Pemilu di tahun 2019 mendatang, KPU melakukan sosialisasi pengujian kekuatan dan ketahanan kotak suara Pemilu 2019 di Jambi

BACA JUGA : Unjuk Rasa, Warga Mandiangin Sebut Saihu Ingkar Janji

Menurut komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi, pengujian ini sendiri dinilai sangat urgen menyusul masih munculnya polemik keraguan di tengah publik soal kualitas ketahanan dan kekuatan kotak suara yang terbuat dari kardus kedap air tersebut, bukan lagi dari aluminium seperti sebelumnya.

Kegiatan pengujian tersebut di selenggarakan dalam rangkaian Sosialisasi alat kelengkapan pemilu dimana saat ini masih banyak masyarakat maupun Calon Legislatif yang belum mengetahuinya informasihnya secara akurat.

Kegiatan ini sendiri berlangsung di Ruang Dapur Hotel Rumah Kito Mayang Mangurai, Kota Jambi, Rabu (26/12/2012) pukul 15.30 sampai 17.10 WIB.

Dalam sambutannya, M Sanusi menyampaikan akan pentingnya pemahaman masyarakat maupun Calon Legislatif tentang Logistik yang merupakan alat kelangkapan pemilu tersebut, demi menjamin kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 mendatang.

“Untuk itu kita disini bersama KPU mengundang media untuk menyampaikan informasi tentang Logistik yang benar, bantu kami sosialisasikan hal ini. Agar kedepannya masyarakat sebagai pemilik suara maupun Caleg mendapat informasi yang benar,” harapnya.

Apnizal Spt, uji kekuatan kotak suara. Foto: Muslim/Serujambi.com
Apnizal Spt, uji kekuatan kotak suara.
Foto: Muslim/Serujambi.com

Sementara itu, Komisioner KPU, Apnizal SPt mengungkapkan sehubungan dengan beberapa waktu lalu beredar isu tentang kotak suara yang bahannya terbuat dari kardus adalah kardus berkualitas, sama sekali tidak sama dengan kardus mie instan.

“Beredar pertanyaan pesimis yang mengatakan kotak kardus kita ini disamakan dengan kotak mie instan, isu itu sama sekali tidak benar, sebenarnya kotak suara ini terbuat dari Duplex yaitu karton berlapis plastik kedap air dan terbukti kuat,” ujarnya

Dia melanjutkan, kotak suara yang akan digunakan di pemilu 2019 ini sudah pernah digunakan pada pemilu tahun 2004 dan memiliki dua tipe pengamanan yaitu menggunakan kabel ties atau gembok.

“Hal itu tergantung dari setiap Kabupaten/kota, misalnya saja di Tebo sebagian sudah menggunakan kabel ties dan sebagian pakai gembok,” terangya ke awak media.

Didalam kotak suara tersebut juga akan terdapat plastik yang melapisinya, hal ini terutama di daerah kawasan air seperti Tanjung Jabung Barat dan Timur.

“Gunanya untuk antisipasi jika terkena air seperti hujan dan lain sebagainya” jelasnya.

Ditambahkanya, terkait kotak suara yang transparan itu maksudnya tidak semua bagian kotak suara yang transparan melainkan hanya di bagian tengah atau perut kotak suara yang terlihat transparan.

BACA JUGA : Maling Parfum di Alfamart, Warga Legok ini Dimassa

“Hal ini sesuai dengan Pasal 341 ayat 3 menyebutkan bahwa KPU yang membuat kotak suara terkait jenis dan bahannya,” tegasnya. (cr07)

Loading Facebook Comments ...
loading...