KPUD Mulai Lakukan Coklit Serentak

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Secara serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak. Coklit dilakukan terhadap Daftar pemilih (Model A-KWK), berdasarkan wilayah administratif sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di 13 Kecamatan.
Gerakan coklit ini, akan dilaksanakan selama satu bulan dan dimulai 17 April sampai 17 Mei 2018. Targetnya, satu orang Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam sehari minimal melakukan Coklit pada lima rumah. Dengan perhitungan tersebut, maka dalam satu bulan kegiatan Coklit sudah selesai.
Komisioner KPU Divisi Teknis, Suroso, menyebutkan, saat ini ada 1004 Pantarlih yang siap melakukan coklit. Sebagai langkah awal pencoklitan ini, hari pertama akan dimulai dari para pejabat. Diantaranya di rumah dinas Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Tanjab Barat.
‎”Kalau tingkat desa itu, ada rumah camat, kades, dan para tokoh masyarakat,” terang Suroso.
Lebih lanjut Suroso menjelaskan Coklit ini bertujuan untuk mencocokkan data yang di bawa Pantarlih, dengan dokumen kependudukan yang dimiliki pemilih. Kalau ada perbaikan, maka akan diperbaiki dan disesuaikan dengan data kependudukan yang dimiliki.
“Coklit ini mengsinkronkan data kependudukan. Dan data ini untuk pesta demokrasi serentak 2019 mendatang,” terangnya.
‎Untuk itu, disarankan kepada seluruh masyarakat Tanjab Barat agar menanyakan indentitas petugas yang datang untuk mendata. Masyarakat berhak menolak, apa bila tidak bisa menunjukan indentitas dan surat tugasnya. (iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: