Lagi, Puluhan Pasutri di Tanjabbar Ikuti Sidang Isbat

0
Sidang Isbat
Puluhan Pasutri di Tanjabbar Ikuti Sidang Isbat
SERUJAMBI.COM, KualatungkalĀ – Untuk ketiga kalinya, sidang isbat untuk pasangan suami istri yang sudah tua digelar di Kecamatan Bram Itam. Pada sidang isbat kali ini, sebanyak 54 pasangan suami istri yang mengikutinya. Sidang digelar di aula kantor camat Bram Itam.
Hidayat Kusuma, Kabag Kesra dan Keagamaan Setda Tanjab Barat, mengatakan, sidang isbat ketiga di Kecamatan Bram Itam ini merupakan yang terakhir. Sebab sebelumnya juga telah dilakukan sidang sebanyak dua kali. Total pasangan tua yang mengikuti sidang isbat di Kecamatan Bram Utama seb
“Pada sidang kali ini, tinggal 54 pasangan yang mengikutinya, sisanya sudah duluan,” terangnya.
Pelaksanaan sidang isbat ini dilakukan, agar masyarakat di Tanjab Barat seluruhnya memiliki dokumen pernikahan. Seperti diketahui, untuk pasangan tua, masih banyak yang belum memiliki dokumen pernikahan, atau legalitas secara hukum.
Kabag Kesra dan Keagamaan menyebutkan, setelah pelaksanaan di Kecamatan Bram Itam, pihaknya akan mulai fokus ke wilayah ulu. Sebab untuk wilayah Ilir, sudah digarap secara keseluruhan.
“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan di seluruh kecamatan, sampai tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki dokumen nikah,” kata Kabag.
Sementara itu, Camat Bram Itam, Hendry Fonda, menyatakan dukungannya dengan adanya kegiatan ini. Sebab sidang isbat ini banyak membantu masyarakat. Terutama untuk pasangan tua.
“Kita sangat mendukung sekali, makanya kita dorongan masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini,” sebutnya.
Menurutnya, pasangan yang mengikuti kegiatan sidang isbat ini, merupakan pasangan yang berumur 60 tahun keatas. Karena sulitnya akses pada zaman dulu, membuat pernikahan mereka hanya disahkan secara agama. Sehingga banyak yang tidak memiliki dokumen pernikahan atau surat nikah. (iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...