Lalainya Dinas PMPD Dalam Pengawasan Dana Desa, Ini Kata Pengamat Hukum

0
Ilustrasi Dana Desa. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Lalainya kinerja Dinas Pembedayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (PMPD) terkait pengawasan pengelolaan Dana Desa (DD), Pengamat Hukum Tata Negara, Arpai angkat bicara.

BACA JUGA : Dana Desa Diselewengkan, Dewan Soroti Kinerja Dinas PMPD Muarojambi

Dikatakan Arpai yang merupakan Dosen Fakultas Hukum Unja, didalam pengelolaan DD itu secara regulasi ada tiga instansi, pertama desa sebagai penyelenggara desa, Kedua instrumen pemerintah di kecamatan, dan ketiga instrumen bidang pengawasan yakni Inspektorat termasuk disitu ada Dinas PMPD.
Lebih lanjut, kalau ada penyimpangan-penyimpangan terhadap DD, Instansi terkait harus ada pencegahan dulu, dimulai dari pemerintahan Kecamatan hingga Dinas PMPD.
Sambungnya lagi, harus ada pencegahan dulu, siapa yang melakukan pertama dalam penyelenggara dan pengelolaan DD adalah perannya camat melakukan pembinaan.
Kemudian, dalam cataran pengelola keuangan PMPD lakukan pembinaan dan pengawasan. Tahapan pengawasan barulah Inspektorat. “Tak serta merta masuk Inspektorat sebenarnya,” ucapnya.
“Mekasnime yang benar adalah yang namanya camat berperan mebina menyelenggara tingkat desa termasuk mengelola kuangan. Dan, PMPD itu Fokus pengelolaan keungannya termasuk rincian dan pengelolaan keungannya. Termasuk mencegah jangan sampai terjadi adanya penyimpangan,” ujarnya.
Menurut Arpai, jika ada terjadi penyimpangan itu tidak 100 persen kesalahan Desa, tetapi ada juga keselahan pada kelompok lembaga pembinaan dan pengawasan.
“Seharusnya PMPD, ketika terjadi penyelewengan atau Fiktif seharusnya membuat pernyataan. bahwa kesalahan itu sudah dilokalisir dan sudah dilakukan pencegahan,” terangnya.

BACA JUGA : Kejari Muarojambi Bidik Penyelewengan DD Kasang Lopak Alai

Ditambahkannya, kalau pengawasan dan pembinaan tak dilakukan dalam pengelolaan keungan berati bukan sepenuhnya kesalahan pada tingkat Desa.
“Dalam bahasa pemeritah peran lembaga pemerintahannya tidak berpungsi dengan baik,” pungkasnya.(don/den)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: