Menelusuri Air Liki, Salah Satu Desa Terisolir di Merangin (1)

0
Desa Air Liki Merangin.
Desa Air Liki Merangin.
SERUJAMBI.COM, Merangin – Meski Indonesia telah lama merdeka, namun sepertinya kemerdekaan itu belum menyentuh Desa Air Liki, Tabir Barat, Merangin, Provinsi Jambi. Desa ini masih terisolir, sangat memprihatinkan. Berikut laporan Catur, dari laman Jejakjambi.com (media partner Serujambi.com) yang menelusuri Desa Air Liki.
Desa Air Liki sangat sulit dijangkau. Itu karena tidak ada akses jalan yang memadai. Akibatnya, transportasi harus menggunakan perahu ketek dari dan ke Desa Air Liki.
Selain itu, akibat transportasi yang sulit, harga-harga berbagai kebutuhan pokok menjadi tinggi. Setiap hari, warga setempat dipaksa membayar mahal barang-barang yang mereka butuhkan.
Dan kondisi ini sudah berlangsung cukup lama, dari bupati ke bupati, penderitaan ini masih mendera warga Air Liki. Padahal, warga di desa ini cukup banyak. Sekitar seribu jiwa.
Saking mahalnya, harga kebutuhan pokok bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat dari harga normal di Bangko, ibukota Kabupaten Merangin.
“Misal untuk gas elpiji tiga kilo, harganya sampai Rp 50 ribu. Itu pun sulit didapat. Desa kami benar benar terpuruk, meski Indonesia sudah merdeka 73 tahun. Menyedihkan memang,” ungkap Kades Air Liki Pulpi Marlinton, dengan mata terlihat berkaca-kaca seperti dilansir jejakjambi.com baru-baru ini.

https://instagram.com/p/BjXfplpnmaw/

Tak hanya persoalan mahalnya berbagai kebutuhan pokok sehari hari, persoalan makin susah ketika warga berurusan dokumen-dokumen penting. Warga terpaksa ke Bangko dengan menempuh perjalanan berat. Setiap perjalanan dari dan ke Air Liki-Bangko, warga harus menyiapkan uang minimal Rp 1 Juta.
“Untuk ongkos pulang pergi mengunakan perahu ketek, jika hitungan 1 orang, maka sudah keluar dana Rp 600 ribu pulang pergi. Itu belum termasuk ongkos ojek dari Desa Air Liki menuju Batu Gembung, dan biaya jasa ojek dari Ngaol – Bangko, hingga  biaya makan minum selama di Bangko. Jadi warga Desa Air Liki, tidak akan berani menuju Bangko jika tidak mengantongi dana Rp 1 Juta,” jelasnya.(Bersambung)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: