Minim Anggaran, Mobil Damkar Dibiarkan Rusak

0
Damkar Muarojambi
Mobil Damkar di Dinas Pemadam Kebakaran Muarojambi. (Doni/Seru Jambi)
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Akibat minimnya anggaran di Dinas Pemadam Kebakaran Muarojambi. Satu unit mobil Damkar yang di Operasionalkan di Kecamatan Kumpe Ulu, sudah satu bulan dibiarkan rusak. Akibat kerusakan itu, mobil damkar itu tidak bisa dioperasikan lagi. Padahal, keberadaan mobil damkar itu sangat diperlukan sekali.
Kasi Damkar, dinas Damkar Muarojambi, M Sugiarto, ketika dikonfirmasi mengaku kalau mobil itu untuk perawatannya rutin dilakukan. Dia beralasan, karena kondisi mobil yang sudah cukup tua yang menyebabkan mobil tersebut terduduk. Mobil damkar tersebut, sudah  digunakan mulai tahun 2007 sampai sekarang. Selain itu, anggaran minim disebutkannya sebagai alasan mobil ini rusak.
“Perawatan mobil ini rutin kita lakukan, namun terkadang kita terkendala dengan anggaran yang minim,” kata Sugiarto, Rabu (11/4/2018).
Sugiarto menuturkan, untuk jumlah armada damkar di setiap pos Kecamatan ada lima unit. Karena satu unit mobil Damkar rusak, kini hanya empat unit yang siap beroperasi.
“Bila terjadi kebakaran, kita terpaksa minta bantuan dari pos – pos yang ada di Kecamatan, jika masih kurang, kita terpaksa minta bantuan dengan pihak Damkar Kota Jambi,” ujarnya.
Dirinya juga menyebutkan, kalau pihak damkar saat ini banyak kekurangan fasilitas menjalankan tugasnya. Fasilitas yang ada saat ini, jauh dari kata memadai. Mulai dari telpon darurat, selang penyambung dan baju tahan panas hingga sepatu savety masih kekurangan.
“Untuk telpon darurat kita belum ada, jika ada kebakaran kita dapat informasi melalui Hp pribadi, dan alat-alat lainnya juga masih serba kekurangan,” pungkasnya.(cr1)
Loading Facebook Comments ...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: