Mukti: Literasi Butuh Keberanian

0
Abdul Mukti Kabid SMA/SMK Disdik Provinsi Jambi saat membuka workshop penulisan dan peluncuran buku novel
Abdul Mukti Kabid SMA/SMK Disdik Provinsi Jambi saat membuka workshop penulisan dan peluncuran buku novel "Pemburu Emas: Legenda Bermula" karya Monas Junior.
SERUJAMBI.COM, Jambi – Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Abdul Mukti, membuka secara resmi acara workshop penulisan dan peluncuran buku novel “Pemburu Emas: Legenda Bermula”, di Kantor Bahasa Jambi, Sabtu (11/8/2018).
Menurut Mukti, untuk mengembangkan dunia penulisan dibutuhkan keberanian. Misalnya komunitas berani menulis atau kombes yang mengadakan acara beberapa waktu lalu, ini menunjukkan betapa penulis di Jambi masih banyak.
Selain itu, menurut Mukti, minat baca di Indonesia sangat rendah dibanding negara-negara lain. Tertinggi adalah Jepang. “Survei Unesco menyebut bahwa minat baca atau literasi di Indonesia sangat rendah. Ini mengkhawatirkan kita,” tutur Mukti dalam acara itu.
Karena itu, pemerintah Indonesia lewat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, mengadakan program literasi dengan cara mewajibkan siswa untuk membaca sesaat sebelum pelajaran dimulai.
“Siswa SMA/SMK kita wajibkan membaca sebelum pelajaran dimulai. Ini upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi,” tuturnya.
Selain itu, ia mengucapkan selamat kepada Monas Junior yang telah menerbitkan novel “Pemburu Emas: Legenda Bermula”, dan serius dalam menekuni dunia tulis menulis.
“Monas adalah murid saya. Semoga bisa mengangkat nama Jambi ke nasional dan dunia lewat tulisan-tulisannya,” tutup Mukti.
Untuk diketahui, acara ini didukung JOB Pertamina-Talisman Jambi Merang, Kantor Bahasa Jambi, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Alisya Jambi Press, Timur Laut Aksara, Serujambi.com dan Inilahjambi.com.(fok2)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: