OPINI: Jadikan Guru Honorer K2 Menjadi PNS Tanpa Tes CPNS

0
Raju Kurniawan
Oleh: Raju Kurniawan*
SERUJAMBI.COM – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi rebutan dan menjadi perbincangan hangat di masyarakat khususnya lulusan sarjana kependidikan. Banyak yang mengikuti tes ini terutama mahasiswa yang kebetulan baru lulus kuliah (fresh graduate). Di lain pihak guru honorer K2 yang telah mengabdikan dirinya mengajar selama puluhan tahun harus mengikuti tes CPNS dan bersaing dengan mahasiswa fresh graduate. Hal ini menjadi ketidakadilan tersendiri karena guru honorer K2 telah mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan harus dites untuk menjadi Pegawai Sipil Negara (PNS). Hal ini mencederai pengorbanan yang dilakukan guru honerer K2 tersebut selama bertahun-tahun dalam mengabdi di dunia pendidikan. Maka, Pemerintahan berkewajiban mengangkat Guru Honorer K2 menjadi PNS tanpa mengikuti tes CPNS kembali dengan berbagai alasan.
Pertama, Guru Honorer K2 mempunyai pengalaman di dunia pendidikan. Guru honerer K2 berpengalaman dalam mengajar di dalam kelas. Kemudian guru juga memiliki pengalaman dalam membentuk moral dan karakter siswa. Guru honerer K2 telah teruji menghadapi berbagai tantangan di lapangan sehingga selayaknya untuk diangkat menjadi guru PNS. Jadi pemerintah mengetes kembali guru honorer K2 merupakan perbuatan yang membuang-buang waktu.
Kedua, Pengangkatan tersebut merupakan apresiasi pemerintah terhadap guru honorer K2 yang berjuang dalam dunia pendidikan. Pemerintah harus mengapresiasi kinerja dan pengabdian Guru Honerer K2 mengajar selama bertahun-tahun di sekolah. Pemerintah menghargai kinerja guru honorer K2 dalam membentuk moral dan karakter siswa selama ini. Ini merupakan tanda pemerintah telah berterima kasih kepada mereka dalam pengabdiannya. Sangat tidak adil jika guru honorer harus menjalani tes CPNS untuk menjadi PNS karena guru honorer tersebut telah mengalami pengabdian bertahun-tahun tetapi harus mengikuti tes CPNS kembali.
Ketiga, Pemerintah meningkatkan karir guru honorer K2 menjadi guru PNS. Hal tersebut merupakan hak dasar guru yang telah mengabdi selama bertahun-tahun untuk menjadi guru PNS sehingga tidak perlu melakukan tes CPNS kembali. Hal itu merupakan kewajiban pemerintah sesuai UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 40 ayat 1 poin c bahwa pendidik dan tenaga pendidik berhak memperoleh pembinaan karier sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas. Hal itu berdampak meningkatkan semangat guru dalam mendidik peserta didik.
Guru honorer K2 telah berjasa dalam membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara melalui pengabdiannya. Alasan yang mendasar yaitu pengalaman guru honorer K2 sehingga tidak perlu mereka dites kembali.  Guru honorer K2 telah melakukan pengabdian selama bertahun-tahun menjadi guru dan perjuangannya perlu diapresiasi oleh pemerintah. Bentuk apresiasi tersebut berupa peningkatan karir dari guru honorer K2 menjadi guru PNS. Demikian, guru honorer K2 berhak pengangkatan menjadi guru PNS tanpa mengikuti tes CPNS kembali.
*) Mahasiswa Universitas Jambi
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: