OPINI: Waspada Kampanye Hitam dan Kampanye Negatif Jelang Pilpres 2019

0
Dony Sanjaya
Oleh: M. Dony Sanjaya*
SERUJAMBI.COM – Dalam hitungan waktu yang tak lama lagi, kita akan memasuki tahun politik yang “panas” dan merupakan puncaknya pesta demokrasi di Indonesia yaitu Pemilihan  Presiden (Pilpres) 2019. Dimana terdapat dua pasangan calon presiden yang telah di tentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan pasangan calon Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin berada pada Nomor urut 1 sedangkan pasangan calon Prabowo Subianto – Sandiaga Uno berada pada Nomor urut 2.
Sebagai sebuah catatan renungan, pemilihan presiden tahun 2014 diwarnai dengan kontestasi politik yang begitu “keras”. Adanya banyak faktor yang mendorong “panasnya” pemilihan presiden. Tetapi faktor yang paling terasa adalah terjadinya kegiatan kampanye hitam dan kampanye negatif. Dimana yang melaksanakan kegiatan ini dapat menimbulkan pergesekan.
Masyarakat perlu di ingatkan agar waspada akan bahayanya kampanye hitam dan kampanye negatif ini dalam situasi politik menjelang pilpres 2019 nanti. Tidak menutup kemungkinan bahwa dua kegiatan ini tidak akan terjadi.
Setiap masyarakat memiliki hak dalam mendukung dan menentukan pasangan calon presiden. Tetapi jangan sampai mengganggu kenyamanan orang lain yang berbeda pilihan. Jika kita melakukan dukungan kepada calon- calon kita, mari kita laksanakan pemilihan presiden 2019 nanti dengan cara yang positif, damai, dan tentram. Supaya tidak saling timbul rasa curiga sehingga bisa berdampak disintegrasi bangsa. Terutama pada isu- isu yang dilontarkan bisa memecah belah kerukunan.
Kita boleh berbeda pendapat dalam berdemokrasi tetapi jangan sampai memecah belah negara kesatuan republik Indonesia. Semoga pada pencoblosan presiden 2019 nanti bisa sampai dengan penghitungan suara baik di Ibu Kota maupun di seluruh wilayah negara Indonesia. Penulis mengajak kepada para tokoh semuanya untuk selalu menciptakan dan memelihara kedamaian.

*) Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Universitas Jambi, Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Forum Insan Cendikia (FIC) Universitas Jambi.

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: