Pasca Nyaris Bentrok, Sopir Truk-Warga Sepakat Berdamai

0
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Pasca hampir terjadinya bentrok antara sopir batu bara versus warga. Forum Lalu Lintas dan Angkutan Batu Bara Kabupaten Batanghari menggelar rapat bersama. Rapat tersebut digelar Rabu (8/8/2018), di ruang Asisten III Kantor Bupati Batanghari.
Rapat dilakukan untuk penyelesaian terkait jalur dan jadwal melintas kendaraan angkutan batu bara di wilayah Batanghari, pasalnya selama ini banyak para sopir yang tidak mematuhi aturan yang sudah ada.
Dalam rapat yang digelar hampir 2 jam tersebut, setiap perwakilan dari tiga perusahaan batu bara yang ada di wilayah Batanghari dipanggil untuk menghadiri rapat untuk mencari solusi masalah armada angkutan batu bara.
Akhirnya, diperoleh kesepakatan, para pihak mentaati semua butir kesepakatan yang tertuang dalam Surat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Kabupaten Batanghari Nomor: 700/121/DISHUB/2018 tanggal 02 Maret 2018 tentang Penertiban Jadwal Angkutan Batu Bara. Jika terjadi laka lantas, pihak asosiasi berperan aktif dari penyelesaiannya dan mediasi antara pelaku dan korban serta pihak perusahaan.
Poin berikutnya, pada hari-hari tertentu baik dari pemerintah daerah bila permintaan tidak beroperasi pada waktu-waktu yang diminta untuk bisa dipenuhi. Dalam rangka mengurangi kemacetan, agar ada tindaklanjuti dari pihak terkait untuk mengatur armada angkutan batu bara, disamping melalui jalur Muara Bulian Pemayung atau Muara Bulian-Tempino.
Khusus untuk asosiasi sopir angkutan batu bara, mereka diminta menertibkan kendaraan dan sopir dari luar Provinsi Jambi. Membantu percepatan perbaikan kendaraan angkutan batu bara yang rusak di jalan yang dapat mengganggu arus lalu lintas agar 1 x 24 Jam sudah dapat diatasi.
Kecepatan kendaraan batubara menuju tambang dalam keadaan kosong pun dituangkan dalam kesepakatan ini. Termasuk truk batu bara, tidak dibolehkan menggunakan jalur lain. Jika kesepakatan dilanggar, maka aparat kepolisian akan memberi tindakan.
“Untuk semua pihak, diharapkan sama-sama menahan diri, tidak melakukan tindakan-tindakan merugikan pihak lain. Nanti kita cek, pelanggaran lalu lintas apa,” kata Kapolres Batanghari AKBP M Santoso.
Sementara Ketua DPRD Batangahari Mahdan, mengharapkan ada solusi permanen baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
“Dengan pertimbangan kebaikan masyarakat Batangahari,” pungkasnya.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: