Pasca PPDB, Daya Tampung Masih Tersisa Untuk 650 Siswa

0
Ilustrasi siswa yang tengah belajar. (ist)
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Daya tampung siswa baru pada tingkat SMP/MTs sederajat di kabupaten Batanghari masih banyak tersedia. Kursi yang tersedia mencapai 650 kursi usai penerimaan siswa baru sejak pengumuman 2 hingga 7 Juli 2018 pekan lalu.
Dari total data siswa yang lulus tahun pelajaran 2017/2018 lalu, hanya ada 5.334 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidayah (MI). Jumlah tersebut, masih relevan jika dihitung siswa yang diterima saat ini 32 siswa satu ruang belajar, artinya dari seluruh sekolah yang ada, Cuma menyediakan sebanyak 166 ruang belajar (Kelas).
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, Jamilah saat dikonfirmasi, Rabu (11/7/2018) mengatakan, jumlah siswa yang lulus tahun lalu dengan daya tampung sekolah pada saat ini masih berlebih.
Hal ini dilihat dari total siswa yang diluluskan tahun lalu hanya 5.334 siswa. Sedangkan jumlah total ruang belajar yang ada saat ini berjumlah 187 kelas untuk jumlah 5.984 kursi siswa.
“Artinya untuk sekolah ataupun ruang belajar untuk siswa baru yang diterima pada saat PPDB jika dikurang dengan siswa yang lulus dan daya tampung yang ada masih ada 650 kursi siswa yang tersedia,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, Jamilah.
Dikatakannya, untuk memaksimalkan lagi penyebaran siswa baru pada tahun ini, pemerintah pusat telah mengatur untuk melakukan sistem Zonasi pada setiap sekolah. Sehingga bisa terlihat sejauh ini penerimaan berjalan lancar, pemerataan siswa di setiap sekolah dapat teratur masuk sekolah di wilayah terdekat rumah. Ini juga bertujuan untuk menghindari siswa yang menumpuk di satu sekolah.
“Kalau kita lihat dengan ditetapkan zonasi ini, sekolah juga ditetapkan dengan daya tampung masing-masing sekolah dalam PPDB, pengaruhnya siswa di luar zonasi harus kembali ke sekolah di wilayah zonasi mereka sendiri,” katanya.
Namun demikian, lanjutnya, untuk sekolah yang mengalami kekurangan saat ini dikarenakan memang jumlah lulusan siswa lebih sedikit dari daya tampung yang ada.
“Kalau dihitung total ruang belajar yang masih kosong diperkirakan sebanyak 20 kelas, artinya kalau sekolah kekurangan siswa itu dikarenakan siswa yang mendaftar lebih sedikit dari jumlah daya tampung kita sediakan,” ujarnya.
Dikatakannya pula, dirinya telah memberikan waktu tambahan untuk penerimaan siswa baru, karena memang Kementrian Pendidikan memberikan peluang agar setiap anak dapat bersekeolah. Sehingga pihak Dinas PdK Batanghari menambah waktu penerimaan selama dua hari yakni pada tanggal 9 hingga 10 Juli kemarin. Hal ini diberikan karna masih banyak siswa yang belum mendaftarkan diri ke sekolah.
Ketika ditanya soal jumlah siswa yang diterima saat ini, Jamilah masih menunggu sampai besok sekolah melaporkan data penerimaan siswa baru.
“Untuk jumlah data yang diterima kita menunggu laporan dari setiap sekolah, diperkirakan untuk siswa yang mendaftar sekolah tidak lebih dari total daya tampung yang ada, karena ketersediaan rombel kita banyak,” pungkas.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: