Patroli Udara, Satgas Karhutla Temukan 5 Titik Api Kecil

0
SERUJAMBI.COM, Jambi – Laksanakan patrol wilayah Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kolonel Inf Dany Budiyanto temukan 5 titik api kecil di wilayah Kecamatan Betara Kabupaten Tanjab Barat Selasa (21/8/2018). Dalam Patroli tersebut turut juga Kapolda Jambi, Irjen Pol Drs Muchlis dan Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar.
Disampaikan Dansatgas, selama patroli udara dari Kota Jambi menuju beberapa wilayah yang dirasa memiliki sumber titik api dirinya hanya menemukan 5 titik api kecil dari pohon-pohon yang telah ditumbangkan.
Dikatakannya, kalau penyebab timbulnya api memiliki banyak dugaan seperti kelalaian yang disengaja atau tidak disengaja. “Kita tidak persoalkan apinya, tapi asap yang ditimbulkan dari api itu,” ujarnya.
Dijelaskan, dalam proses pemadaman api Satgas Karhutla sebelum menerjunkan pasukan pemadam tentunya melihat klasifikasi api tersebut. Dirinya menilai jika lokasi api terbut bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua maka Satgas Karhutla tidak perlu menurunkan Waterboombing.
Dikatakannya, Posko Induk Satgas Karhutla terus melakukan rapat evaluasi dan koordinasi dengan posko-posko Satgas Karhutla yang ada. Jadi dalam proses pemadaman api tidak ada yang berlarut-larut.
Kesulitan kalau untuk kuantitas sarana dan prasarana tentunya ada, dalam pembagian wilayah ketika terjadi kebakaran secara serempak yang tidak bisa dilakukan penanganan oleh Satgas di daerah. Namun disampaikannya, walaupun dengan keterbatasan sarana yang dimiliki yakni 2 hely water boombing kebakaran tetap bisa dicegah
“Tidak ada yang harus berlarut-larut. Selama ini Insya Allah tetap bisa dicegah,” ucapnya.(den)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: