Pejabat Eselon III dan IV Siap-siap “Diterjang” Masnah

0
Bupati Muarojambi Masnah Busro saat meninjau lokasi pelebaran jembatan Muaro Kumpeh.(Doni/Serujambi.com)
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Kabar pergantian pejabat dilingkup Pemkab Muarojambi kian santer. Pasalnya, selain pejabat eselon III, aparatur sipil negara (ASN) yang menyandang eselon IV juga mengalami pergantian.
Beredarnya kabar reshuffle ini telah membuat sejumlah pejabat eselon III pada level kepala bagian, sekretaris dan kepala bidang badan/dinas, serta camat dan sekretaris jadi cemas dan was-was. Terlebih pada pejabat yang kurang aktif, menjadi sasaran reshuffle. Reshuffle pejabat ini akan dilakukan dalam waktu dekat.
Bupati Muarojambi, Masnah Busroh yang dikonfirmasi tidak menampik informasi reshuffle pejabat eselon III dan IV tersebut. Namun dia tidak bisa memastikan waktu pelaksanaannya. Dia mengatakan reshuffle pejabat nantinya bisa dilakukan dalam bulan ini. Bisa juga bulan depan.
“Reshuffle tetap ada. Tapi, waktunya belum bisa dipastikan. Tunggu saja,” kata Masnah Selasa (4/9/2018).
Bupati wanita pertama di Provinsi Jambi ini menyebut jumlah pejabat yang masuk reshuffle mencapai puluhan orang. Ini sesuai dengan kebutuhan.
“Sebagian nantinya mengisi jabatan yang lama kosong. Kemudian mengisi jabatan yang ditinggal ASN yang pensiun dan lainnya,” tuturnya.
Sekda Muarojambi M Fadhil Arief menambahkan reshuffle dilingkungan pemerintahan memang ada. Karena itu sebagai bentuk penyegaran dalam meningkatkan kinerja.
Reshuffle eselon III dan IV ini kewenangan bupati. “Kami tengah menjalani pendataan terhadap hal (reshuffle) itu,” ujarnya.
Ia menambahkan mutasi jabatan dalam pemerintahan hal biasa. Tidak perlu ditakutkan. “Mutasi terjadi karena ada pengisian jabatan terhadap jabatan ASN yang telah memasuki pensiun atau sudah jenuh dengan jabatan sebelumnya. Jadi mutasi sudah lumrah dilakukan oleh pemerintah daerah,” imbuhnya.
Bicara ideal, dia mengatakan, mutasi minimal dilakukan dua kali dalam satu tahun. Mutasi ada berupa promosi. Ada juga demosi. Semuanya berhubungan terhadap kinerja. “Kemudian ada juga dimutasi karena kopetensinya cocok untuk jabatan lainnya,” jelasnya.
Terpisah, Kepala BKD Muarojambi, Suriadin menyampaikan pihaknya belum mendapat kabar reshuffle eselon III dan IV. Pergantian pejabat ada prosedurnya dan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
“Tentunya berdasarkan penilaian-penilaian apakah ASN tersebut dimutasi atau diganti. Intinya kinerja,” pungkasnya.(don)
Loading Facebook Comments ...
loading...