Pelaku Pembantaian Gajah di Tebo Tertangkap

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Tebo – Masih ingat kasus pembantaian gajah ditahun 2014 lalu? hewan yang dilindungi ini dibantai di Desa Tanjung Kecamatan VII Koto, Tebo pada bulan November 2014 oleh tiga orang terduga pelaku.
Berdasarkan laporan, tim Resmrim terus giat memburu pelaku. Hasilnya, Jum’at (12/1/2018) sekitar pukul 10.00 WIB, tiga orang terduga pelaku berhasil ditangkap.
“Benar kami berhasil menangkap tiga orang yang diduga sebagai pelaku pembantaian gajah di Tebo, pelaku kami tangkap di jalan Lintas Tebo-Bungo KM 1 tepatnya di depan Lapas Muaratebo,” terang Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Maruli saat dikonfirmasi wartawan.
Penangkapan dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim, IPDA Irfan Pane. Para pelaku yang ditangkap, bernama, Ishak bin Ibrahim (28), Ari bin Kamin (41) Herdani bin Hasan Basri (24), Ketiganya adalah warga Provinsi Riau.
Tiga pelaku membantai gajah yang dilindungi ini dengan cara ditembak, saat gerombolan gajah melintas diwilayah Desa Tanjung. Setelah gajah terbunuh, para pelaku langsung mengambil gading dan menjualnya pada Fadli yang juga pengusaha Provinsi Riau.
“Dari hasil pemeriksaan, ketiga eksekutor ini ternyata dimodali oleh Fadli, pemberi senpo dan amunisi, serta yang memberi modal.
Saat ini pelaku dan beberapa barang bukti seperti, senapan laras popor kayu coklat, 66 butir amunisi kaliber 7.62 X 51 MM dan 2 gading Gajah kurang lebih panjang 180 cm diamankan di Mapolres Tebo.
“Para pelaku dikenakan pasal 40 ayat 2 jo pasal 21 ayat 2 hurut A UU RI No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem ,” pungkas Maruli. (esy)
Loading Facebook Comments ...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: