Pemkab Batanghari Sudah Vaksin 50.050 Anak

0

SERUJAMBI.COM,Muarabulian- Imunisasi Measles Rubella (MR) yang diperpanjang oleh Dinas Kesehatan Batanghari hingga 31 Oktober 2018 untuk mengejar target hingga 95 persen, ternyata hingga batas akhir belum mampu mencapai target.

Persentase capaian target Imunisasi MR Dinas Kesehatan Batanghari sebesar 76,27 persen dari target 95 persen. Salah satu pemicu target sulit tercapai karena adanya penolakan dari orangtua anak.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh kepala Dinas Kesehatan Batanghari dr Elfie Yennie. Dia mengatakan, sebelum pelaksanaan Imunisasi MR, Dinkes Batanghari melakukan pendekatan terlebih dahulu dan sosialisasi tentang manfaat Imunisasi MR.

“Tujuan kami untuk meningkatkan kekebalan terhadap penularan penyakit campak dan rubela yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian serta menurunkan angka kesakitan campak dan rubela,” katanya, Kamis (1/11/2018).

Diakatakannya, Kekebalan imunitas kelompok atau masyarakat terhadap penyakit rubella, dapat tercapai jika imunisasi tersebut tercapai hingga 95 persen.

“Baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah/kabupaten, realisasi imunisasi MR tersebut minimal wajib 95 persen,” terangnya.

Dikatakannya pula, sasaran Imunisasi MR di Kabupaten Batanghari berjumlah 74.521 anak. Dari jumlah di atas, Dinas Kesehatan Batanghari telah melakukan Imunisasi MR terhadap 50.050 anak. Mereka berusia berusia 9 bulan hingga dibawah 15 tahun.

“Jadi masih ada 24.471 anak yang belum terimunisasi,” jelasnya.

Dijelaskannya, pemberian imunisasi MR tersebut dibebankan kepada setiap Puskesmas. Sehingga target realisasi pemberian imunisasi setiap Puskesmas sama dengan target yang di tetapkan secara Nasional.

“Kabupaten Batanghari memiliki 18 Puskesmas yang tersebar di Delapan Kecamatan. Sampai saat ini baru satu Puskesmas yang realisasinya telah melebihi target,” sebutnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang didapat, Kabupaten Batanghari berada pada posisi 8 (delapan) realisasi pemberian Imunisasi MR. Posisi pertama Kabupaten Kerinci 98,99 persen, Kabupaten Tanjung Jabung Barat 97,45 persen, Kota Sungai Penuh 95,29 persen.

Disusul Kabupaten Sarolangun 94,85 persen Kabupaten Tebo 89,11 persen, Kabupaten Muaro Jambi 83,77 persen, Kabupaten Merangin 82,94 persen, Kabupaten Batanghari 76,27 persen, Kabupaten Tanjung Jabung Timur 72,79 persen, Kabupaten Bungo 70,33 persen dan Kota Jambi 59,12 persen.(riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: