Pemkot Jambi Minta Transmart Beri Ganti Rugi Warga yang Rumahnya Kebanjiran

0
korban transmart
Tampak belakang rumah warga yang kebanjiran akibat pembangunan Transmart. (Inilahjambi.com)
SERUJAMBI.COM – Pemerintah Kota Jambi yang diwakili tim terpadu meminta penanggung jawab proyek pembangunan Transmart mengganti kerugian warga yang ditimbulkan akibat banjir di kawasan tempat dibangunnya pusat perbelanjaan itu.
BACA JUGA: Tersangka Akui Duit Hasil Pencurian Sapi Dipakai untuk Bayar PSK
“Kami minta mereka (Transmart) untuk memfasilitasi kerugian warga akibat kejadian (banjir) tersebut, sehingga masyarakat menjadi rugi atau teraniaya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi, dikutp dari Inilahjambi.com–media partner Serujambi.com, Rabu (7/11/2018).
Tim terpadu yang turun ke lokasi melakukan klarifikasi dan verifikasi penyebab terjadinya banjir di belakang lokasi pembangunan Transmart di Kelurahan Tambak Sari, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, 2 November 2018 lalu.
“Kita tim terpadu sudah melakukan pengecekan langsung karena adanya berita terjadinya banjir yang diduga akibat dari pembangunan Transmart,” kata Ardi, Selasa (6/11/2018).
Dikatakan Ardi, tim terpadu terdiri dari Tim Penilai Amdal, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kawasan Pemukiman dan Perumahan, dan Dinas PUPR Kota Jambi. Dari hasil kajian, kata Ardi, tim menemukan beberapa permasalahan.
Salah satu permasalahan yang ditemukan, sambung Ardi, adalah tidak memadainya lokasi penampungan air, sehingga jika terjadi hujan lebat terjadi luapan. Dikatakannya lagi, tim terpadu juga telah mengarahkan penanggung jawab proyek untuk mengantisipasi dampak yang mungkin ditimbulkan.
Lebih lanjut Ardi mengatakan, pihaknya juga mengarahkan agar manajemen Transmart menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan oleh tim teknis penilai AMDAL dan disesuaikan dengan dokumen lingkungan yang telah disepakati. Menurut Ardi, ada beberapa hal yang tidak dipatuhi oleh manajemen, salah satunya terkait drainase.
BACA JUGA: Polisi Tembak Pencuri Sapi Lintas Kabupaten, 3 Tersangka Lain Buron
“Ada cekungan sehingga itu tak mampu menampung seluruh air permukaan, dan lokasinya ada di utara. Berbatasan dengan masyarakat, memang kegiatan usaha sudah ditembok, tapi tidak mampu menahan beban air,” pungkasnya. (esa/inj)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: