Percepat Perekaman, Bupati Perintahkan Dukcapil Jemput Bola

0
Bupati Tanjab Barat, Safrial MS (kiri).
Bupati Tanjab Barat, Safrial MS (kiri).
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Meskipun setiap tahunnya ribuan e-KTP dicetak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), tapi masih banyak masyarakat Tanjab Barat yang belum memiliki e-KTP. Keadaan ini, ternyata juga berdampak pada hal pilih masyarakat pada pemilu nanti.
Menyikapi masalah itu, Bupati Tanjab Barat, Safrial, langsung memerintahkan Dinas Dukcapil, untuk melakukan jemput bola. Dukcapil harus berperan aktif agar warga yang belum melakukan perekaman data, segera merekam. Hal ini dilakukan, agar menjelang Pileg 2019 nantinya masyarakat yang belum memiliki e-KTP, sudah mempunyai hak untuk memilih.
“KTP elektronik atau e-KTP warga tanjabbarat  harus selesai dalam waktu dekat. Saya minta Dukcapil melakukan program jemput bola,” kata Safrial, saat di Rumah Jabatan Bupati belum lama ini.
Menurut Bupati, saat ini masih banyak keluhan dari masyarakat atas lambannya proses pembuatan e-KTP. Padahal warga sangat membutuhkan e-KTP sebagai syarat menggunakan hak pilih mereka.
“Masyarakat yang belum memiliki e-KTP harus sudah memiliki e-KTP sebelum Pileg dan pilpres 2019 mendatang,” pinta Bupati
Menanggapi hal itu, Azwar, Kepala Dinas Dukcapil Tanjab Barat, saat dikonfirmasi via ponsel mengatakan, sebenarnya untuk kegiatan jemput bola sudah lama dijalani oleh Dukcapil.
“Kegiatan jemput bola ini sudah kita lakukan untuk mendatangi warga guna melakukan perekaman e-KTP. Malahan disetiap minggunya petugas kita turun dua hingga tiga hari untuk kegiatan itu,” ungkapnya.
H. Azwar menambahkan untuk warga kabupaten Tanjung Jabung Barat yang belum melakukan perekaman e-KTP, masih ada kurang dari 10 persen dari 226, 522 jiwa warga yang wajib KTP. (iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...