Piala AFF 2018: Timnas Indonesia Ditekuk Singapura di Laga Perdana Grup B

0
Winger Timnas Indonesia, Febri Hariyadi (kiri) mencoba merebut bola dari pemain Timnas Singapura, Muhammad Yasir. Foto: Suara.com
Winger Timnas Indonesia, Febri Hariyadi (kiri) mencoba merebut bola dari pemain Timnas Singapura, Muhammad Yasir. Foto: Suara.com
SERUJAMBI.COM – Timnas Indonesia menyerah dengan skor 0-1 dari Singapura pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018 di Singapore National Stadium, Jumat (9/11/2018) malam WIB. Gol tunggal Singapura dicetak Hariss Harun di menit 37.

BACA JUGA : Breaking News! Bareskrim Polri Gerebek Penampungan Baby Lobster di Jambi

Dengan kekalahan ini, Indonesia menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup B dengan nirpoin. Sementara itu, Singapura ada di peringkat kedua dengan poin tiga. Posisi puncak sendiri ditempati Thailand, yang hari ini mencukur Timor Leste 7-0 di Rajamangala Stadium.
Jalannya pertandingan 10 menit pertama, kedua tim saling jual beli serangan. Namun, Singapura memang lebih banyak melakukan inisiatif. Di menit 10, sepakan jarak dekat Muhammad Yasir Hanapi masih bisa ditahan oleh kiper Indonesia, Andritany Ardhiyasa.
Semenit berselang, giliran usaha Ikhsan Fandi Ahmad yang masih gagal. Bolanya sepakannya masih menyamping dari gawang Andritany.
Setelah itu, giliran Indonesia yang mengancam. Bek Singapura, Irfan Fandi nyaris melakukan gol bunuh diri. Ia salah mengantisipasi umpan silang Stefano Lilipaly hingga tandukannya membentur mistar gawang.
Indonesia sendiri praktis tak bisa berbuat banyak dalam melakukan serangan-serangan pada 30 menit awal pertandingan. Mendapatkan pressing ketat, pasukan Bima Sakti cuma bisa melakukan umpan-umpan panjang.
Di sisi lain, Singapura akhirnya memecah kebuntuan di menit 37. Gol ini bermula dari tusukan Gabriel Quak Jun Yi dari sisi kanan. Crossing-nya mampu diantisipasi oleh barisan belakang Indonesia, namun bola liar disambar Harris Harun yang kemudian sukses merobek jala gawang Andritany.
Indonesia sendiri mampu membobol gawang Singapura semenit kemudian. Namun, sayangnya Irfan Jaya sudah berdiri pada posisi offside.
Andritany sempat melakukan penyelamatan sebelum half-time, namun hingga turun minum, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Singapura 1-0.
Masuk babak kedua singapura langsung tancap gas di awal babak kedua. Sebuah serangan balik cepat membahayakan gawang Indonesia di menit 47. Tendangan lob Muhammad Faris Ramli mengenai mistar gawang Andritany. Bahaya!
Setelah bola lebih banyak berkutat di tengah, Indonesia mengancam di menit 67.  Febri Hariyadi melepaskan tembakan jarak jauh, namun arahnya masih kurang akurat. Bola menyamping ke arah kiri gawang Singapura.
Tendangan Zulfiandi tiga menit berselang juga setali tiga uang. Sepakan sang gelandang masih jauh dari sasaran.
Hingga lebih dari 70 menit, Indonesia masih buntu. Praktis belum ada ancaman berarti ke gawang Singapura. Namun, Indonesia menciptakan kans bagus di menit 75. Sayang, tendangan cukup keras Rizki Pora dari tepi kotak penalti Singapura masih bisa ditangkap oleh kiper Singapura, Hassan Abdullah Sunny.
Indonesia terus coba menekan, tapi memang serangan-serangan Tim Merah-Putih masih kurang tajam dan bisa dibilang tak terskema dengan baik.
Para pemain Indonesia pun mulai terlihat frustrasi, sementara para penggawa Singapura mulai melakoni taktik mengulur waktu.

BACA JUGA : Keji! Gadis Buluran Digilir Lima Pemuda di Komplek Perkantoran Muarojambi

Fullback Indonesia, Putu Gede Juni Antara pun harus keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua di masa injury time. Dia melakukan pelanggaran keras pada Adam Swandi saat berduel udara. Indonesia harus bermain dengan 10 orang di sisa laga.
Hingga pertandingan selesai, skor 1-0 untuk keunggulan Singapura tak berubah. (fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: