Polisi Telusuri Keberadaan Pemilik Ribuan Bibit Lobster

0
SERUJAMBI.COM – Petugas Direktorat Polisi Perairan wilayah Nusa Tenggara Barat, menelusuri keberadaan dari pemilik ribuan bibit lobster yang penyelundupannya berhasil digagalkan pada Senin (2/4/2018) malam di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.
Kasubbid Gakkum Ditpolair NTB AKBP Erwin Ardiansyah di Mataram, Kamis, mengatakan, penelusurannya dimulai dari keterangan kedua tersangka yang berperan sebagai kurir.
“Kita akan telusuri yang bersangkutan melalui pengakuan kedua tersangka, mereka adalah sopirnya,” kata Erwin.
Terkait dengan identitas pemiliknya, Erwin mengaku telah mengantonginya. Cukong yang diketahui berasal dari Lombok tersebut berinisial KH.
“Pemiliknya berinisial KH, dia penjualnya,” ujarnya.
Bibit lobster yang jumlahnya mencapai 8.501 ekor dari jenis mutiara dan pasir ini diamankan pihak kepolisian dari sebuah kendaraan roda empat jenis “pick-up” yang dikemudikan tersangka berinisial MS.
Dari keterangan MS, petugas kepolisian melakukan pengembangan dengan menangkap SM, yang bertugas melanjutkan membawa bibit lobster ke Jakarta melalui jalur darat menggunakan kendaraan roda empat merek Toyota Fortuner warna Hitam.
Karena itu, petugas kepolisian mengamankan dua kendaraan roda empat di Mako Ditpolair NTB, Lembar, Kabupaten Lombok Barat, beserta kedua sopir yang telah ditetapkan sebagai tersangka.
Dalam sangkaannya, kedua sopir dijerat dengan Pasal 88 Juncto Pasal 16 Ayat 1 dan atau Pasal 100 Juncto Pasal 7 Ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 31/2004 tentang Perikanan.
Terkait dengan barang bukti bibit lobster, petugas kepolisian telah melepasnya di kawasan perairan Karadina, Kecamatan Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat, pada Selasa (3/4/2018) siang, bersama petugas BKIPM Mataram dan BPSPL Denpasar Wilker NTB.(fok/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: