Polisi Tembak Pencuri Sapi Lintas Kabupaten, 3 Tersangka Lain Buron

0
pencuri sapi
Para pencuri sapi saat diamankan. (Doni/Seru Jambi)
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Berakhir sudah pelarian Syawaludin (33) warga RT 2, Desa Nyogan, Kecamatan Mestong, Muarojambi dan Mamat (39) warga RT 9, Desa Sungai Puar, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari. Mereka ditangkap polisi setelah nekat mencuri sapi di Sungai Bahar, Muarojambi.
BACA JUGA: Bobol Toko di Pasar Keramat Tinggi, Pencuri Sikat Kain Sarung
Sementara tersangka lainnya Dodi (39) warga RT 8, Desa Sungai Puar, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari harus dilumpuhkan polisi dengan timah panas karena melawan saat ditangkap.
Kapolres Muarojambi, AKBP Mardiono melalui Kapolsek Sungai Bahar, AKP Hardianto mengatakan, bahwa ketiga tersangka ditangkap di tempat yang berbeda. Kata Kapolsek, Syawaludin ditangkap di Desa Nyogan pada 27 Oktober 2018 lalu. Sementara, Mamat (residivis) dan Dodi ditangkap di Mersam 30 Oktober 2018 lalu.
“Dari tiga tersangka satu tersangka kami tembak. Selain berusaha melarikan diri dia juga berniat melukai anggota,” tegasnya.
Kapolsek menjelaskan, para tersangka memang merupakan spesialis pencuri sapi. Lanjutnya, ketiga tersangka sudah delapan kali berhasil membawa kabur sapi milik warga di tiga kabupaten berbeda.
“Mereka mencuri ada yang 3 ekor sapi, 2 ekor sapi dan 1 ekor sapi. Wilayah operasinya yakni di Muarojambi, Batanghari dan Tebo. Mereka melakukan aksi setiap malam Jumat sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Sebab, dari pengakuan tersangka, hari lain sial,” bebernya.
Lebih jauh dikatakan, cara ketiga tersangka dalam menjalankan aksi pun terbilang lihai dan profesional.
“Sapi yang bakal dicurinya diberi minum air garam yang telah dicampur dengan bawang putih. Selanjutnya, sapi tersebut ditarik ke atas mobil pick-up dan dijual.” urainya.
Lebih jauh dikatakan, Mamad, Dodi dan Syawaludin tidak hanya bertiga saat melakukan pencurian. Meraka juga mengikutsertakan tiga rekannya yakni JK (40), MR (35) dan AR (35) yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).
“Ketiga rekan tersangka yang DPO ini pernah kita sergap, sayangnya mereka bisa lolos,” jelas Kapolsek.
BACA JUGA: 4 Jam Digarap Imigrasi, Miyabi: Berhentilah Melecehkan Saya
“Untuk ketiga tersangka yang ditangkap sudah kita tahan di Mapolsek Sungai Bahar. Dan atas perbuatannya tersangka kita jerat Pasal 363 ayat 1 ke-1 dan ke-4 KUHP dengan ancaman paling lama 7 tahun kurungan penjara.” tandasnya.(don)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: