Polsek Tempilang Tangkap Pengedar Somadril

0
Ilustrasi oknum tersangka. (ist)
SERUJAMBI.COM – Kepolisian Sektor Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menangkap seorang pria yang diduga mengedarkan obat penenang merek somadril tanpa izin dari instansi terkait.
“Pelaku berinisial Sa bin Ku (29) warga Simpangyul, Kabupaten Bangka Barat, diringkus personel Polsek Tempilang pada Senin (26/2) sekitar pukul 16.00 WIB, karena diduga menjual pil yang masuk dalam kategori Paracetamol Caffeine Carisoprodol (PCC),” kata Kapolres Bangka Barat melalui Kapolsek Tempilang Iptu Bobory Niko saat dihubungi dari Muntok, Selasa.
Pelaku ditangkap berkat peran aktif masyarakat memberikan informasi kepada petugas terkait dugaan ada warga Simpangyul yang memiliki, menyimpan, dan menguasai pil yang seharusnya diedarkan dengan resep dokter tersebut.
Dari informasi tersebut, petugas langsung menindaklanjuti dengan penyelidikan di lokasi yang ditunjukkan dan berhasil menangkap pelaku tanpa perlawanan saat sedang berada di rumahnya.
“Kami segera melakukan penggeledahan di rumah tersebut dan menemukan sejumlah barang bukti, berupa 21 keping berisi 210 butir obat pil somadril dan satu keping berisi tujuh butir,” kata dia.
Selain barang bukti pil somadril, polisi juga menyita satu unit sepeda motor yang diduga digunakan pelaku untuk mengedarkan obat dagangannya, satu kotak plastik tempat obat, satu unit telepon seluler dan uang tunai sebesar Rp2.150.000.
Saat ini pelaku masih mendekam di ruang tahanan Mapolsek Tempilang untuk menjalani proses penyidikan dan pemberkasan sesuai dengan LP/A-49/II/2018, pelaku melanggar pasal 197 Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.
Pil somadril termasuk jenis PCC yang peredarannya wajib dengan resep dokter karena obat jenis itu merupakan obat yang bila dikonsumsi berlebihan bisa menjadi relaksan.(fok/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: