Posisinya Terdeteksi, KNKT Belum Bisa Ambil Black Box CVR

0
KNKT Belum Bisa Ambil Black Box CVR. Foto: Suara.com
KNKT Belum Bisa Ambil Black Box CVR. Foto: Suara.com
SERUJAMBI.COM – Komite Nasional Keselamatan Transportasi berupaya menemukan black box Cockpit Video Recorder (CVR) milik pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) pekan lalu.

BACA JUGA : Kasus Pipanisasi, Hendri Sastra Sebut Pembagian Fee Proyek di Rumah Pejabat Kawasan Pal Merah

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, CVR penting ditemukan untuk mengungkap penyebab kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.
Sebab, CVR berisi rekaman suara percakapan dari pesawat ke menara pengawas antara kapten dan kopilot selama penerbangan, serta suara komunikasi kokpit dengan kru kabin.
“Pencarian CVR atau black box tetap akan kami lanjutkan. Karena CVR sangat penting untuk mengungkap secara pasti penyebab kecelakaan, selain dari black box FDR yang sudah didapat,” ujar Soerjanto dalam jumpa pers di kantor KNKT, Gambir, Jakarta, dilansir dari laman Suara.com (media partner Serujambi.com), Senin (5/11/2018).
Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan kapan batas waktu pencarian CVR. Kalau nantinya CVR tak ditemukan, KNKT akan menginformasikan terlebih dulu kepada keluarga korban.
“Sampai kapan batas pencariannya, belum bisa tentukan. Semua upaya akan dilakukan. Nanti kami menentukan, kalau sudah maksimal dan belum ketemu, nanti disampaikan ke keluarga dan media. Yang paling berhak adalah keluarga,” kata dia.
Soerjanto mengatakan, sudah mendeteksi posisi CVR yang letaknya tidak jauh dari Kapal Victory milik PT Pertamina.

BACA JUGA : Sinyal Black Box Lion Air Bagian CVR Hilang Sejak 2 Hari

“Kami sudah mendeteksi posisinya, tidak jauh dari kapal Victory. Hanya, saat kali pertama diketahui posisinya,waktu sudah malam, jadi baru ditandai, belum dilakukan pencarian oleh penyelam. Setelahnya, saat dicari, tak ketemu, mungkin tertutup kapal itu. Makanya perlu strategi untuk menemukannya,” jelasnya. (fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: