Prodi Ilmu Sejarah Unja Gelar Diskusi Terbuka “Kartini dan Pendidikan”

0
Prodi Ilmu Sejarah Unja Gelar Diskusi Terbuka "Kartini dan Pendidikan". (Doni/Seru Jambi)
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Dalam rangka memeriahkan serta memperingati hari RA Kartini dan hari Pendidikan nasional, Prodi Ilmu Sejarah Universitas Jambi, menggelar acara diskusi terbuka dengan tema Kartini dan Pendidikan. Acara digelar pada Rabu (2/5/2018).
Diskusi terbuka tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Dekan II FIB, Supian Ramli. Dalam sambutannya, wakil Dekan II FIB menyampaikan, acara ini dapat memberikan gambaran sosok RA Kartini. Dimana pada masa itu,  keberadaan perempuan hanya menjadi pemuas nafsu belaka. Namun RA Kartini mampu merubah dan membuktikan perempuan juga mampu berkarya.
“Ini juga merupakan acara besar, karena menggabungkan dua event dalam satu kegiatan,” kata Supian Ramli saat membuka acara.
Kemudian, Selfi Mahat Putri mengatakan, tidak hanya Kartini saja sosok penjuang perempuan di Indonesia. Tapi ada juga beberapa perempuan yang memperjuangkan haknya, serta terjun langsung dalam masyarakat.
“Bisa seperti mendirikan sekolah serta menulis di surat kabar, dan tidak menutup kemungkinan akan ada penetapan pahlawan wanita selanjutnya selain Kartini,” ujar Selfi, pemateri RA Kartini.
Lanjut, Irhas Fansuri Mursal, menuturkan, suku Minang Kabau yang merespon tentang pendidikan pada masa politik etis, sehingga kini banyak orang Minang Kabau menjadi orang hebat dan berkembang.
“Kalau untuk jaman sekarang, pendidikan harus memanfaatkan teknologi sebaik mungkin,” tutur, Irhas, pemateri pendidikan.
Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Sejarah, Siti Syuhada menanggapi, bahwa Kartini merupakan seorang pahlawan wanita yang pertama pencetus emansipasi kaum perempuan di bidang pendidikan.
“Untuk perempuan masa kini juga harus meningkatkan pendidikan dan tidak melupakan kodratnya, sebagai ibu sekaligus dosen bagi mahasiswa-mahasiswi hingga sebagai penguat suatu negara atau bangsa,” pungkasnya.(cr1/fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: