Puluhan Bacaleg Batanghari Terancam Gagal Masuk DCT

0
Ketua KPU saat konfrensi pers beberapa waktu lalu.(Dok/Serujambi.com)
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Setelah merilis Daftar Calon Sementara (DCS), KPUD Batanghari menjadwalkan akan melakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), pada 20 September mendatang. Pendaftar Bacaleg dari 14 parpol peserta Pemilu, hanya 368 calon yang dinyatakan lolos sebagai DCS.
Ketua KPU Batanghari, A Kadir, menerangkan, kini KPU masih menunggu dan memeriksa berkas-berkas para bakal calon legislatif tersebut. Tentunya akan diteliti dan digelar pleno sebelum diumumkan.
“Jadi, belum bisa diungkapkan apakah DCS saat ini tetap atau berubah. Kita harus meneliti kembali berkas-berkas para caleg tersebut,” kata Ketua KPU A Kadir, Senin (17/9/2018).
Dikatakannya pula, semua berkas bacaleg yang belum lengkap, lanjutnya, masih bisa dilengkapi hingga batas akhir 19 September ini. Untuk diketahui, ada puluhan bakal calon legislatif Kabupaten Batanghari, menerima gaji yang bersumber dari keuangan negara.
Jika tetap maju, maka mereka harus melengkapi berkas dengan menyerahkan surat keputusan berhenti dari jabatan.
“Kita menunggu bacaleg melengkapi berkas mereka, seperti SK (surat keputusan, red),” tegasnya.
Dijelaskannya, pihaknya masih melakukan verifikasi. Tentunya akan dipelajari terlebih dahulu apakah gaji yang diterima tersebut merupakan sumber pandapatan atau tidak.
“Seperti kades, itu sudah jelas gajinya sebagai sumber pendapatan, maka satu hari sebelum penetapan DCT harus menyerahkan surat pemberhentian ke KPU,” ungkapnya.
Sebelumnya, Bawaslu Batanghari menemukan ada puluhan nama bakal calon legislatif masih menerima gaji dari uang negara, seperti perangkat desa.
“Kita sudah rekomendasikan ke KPU, keputusan akhirnya pada KPU,” pungkasnya.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...