Puluhan Orang Perangkat Desa di Kerinci Tak Terima Insentif, ini Penyebabnya

0
Ilustrasi kepala desa. (ist)
SERUJAMBI.COM, Kerinci – Beberapa bulan sejak 2017 sampai Januari 2018 ini Puluhan perangkat desa di Kecamatan Air Hangat, Semurup, Kabupaten Kerinci belum juga menerima Insentif. Hal ini dikarenakan anggaran dana desa (ADD) tidak bisa dicarikan.
Karena ada permasalahan ditingkat desa yang belum selesai. Info yang di peroleh dari lapangan, terdapat terjadi di desa Koto Diair dan desa Balai Semurup. Mulai dari BPD, staf desa, adat bahkan termasuk pengurus PKK.
Selain itu Takmir masjid, guru TPA, hingga sampai ke guru PAUD hingga saat ini mereka tidak bisa mendapat insentif sesuai aturan dalam ADD karena hambatan tersebut.
Hal itu di benarkan oleh Dafrisman, Camat Air Hangat dirinya menyampaikan bahwa dari 2017 Desa Koto Diair Tidak bisa menerima ADD dan DD lantaran ada aksi tuntutan warga yang meminta Kades untuk digantikan. Sehingga terjadi polemik di Desa termasuk dengan BPD setempat. “Ya itu masalah Dana Desa yang di demo warga minta kades nya berhenti, sampai sekarang belum juga ada titik temu, sehingga semua terhambat pencairan DD tersebut”.ungkapnya
Lanjutnya, Sehingga saat ini pihak kecamatan, BPD, dan Kades bersama masyarakat sudah berupaya melakukan musyawarah perdamaian. Namun islah Berlin juga bisa terlaksana dengan baik.
“Kesimpulan besar belum ada kesepakatan sehingga belum dapat terlaksana. Hingga dilimpahkan ke Pemkab Kerinci melalui leading sektor badan pemerintahan desa,” sampainya
Akibat hal tersebut, sehingga sampai saat ini kegiagan pemerintahan desa Diair belum berjalan efektif dan maksimal, dampak nya sekarang adalah honor dan gaji perangkat desa tidak bisa di cairkan.”BPD, staf desa, termasuk lainnya terpaksa tidak ada anggaran. Karena ADD dan DD tidak bisa cair, ini membuat kegiatan di desa tidak jalan normal,” lanjutnya
Bahkan bila belum juga ada kejelasan sampai saat ini belum ada kejelasan, maka bisa saja ADD dan DD tahun ini terancam tidak bisa didapatkan. “Tahun ini terancam juga tidak bisa terima ADD dan DD. Tapi kita lihat nanti,” pungkasnya. (rzi)
Loading Facebook Comments ...
loading...