Ramadhan, Volume Sampah‎ Malah Turun 40 Persen

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Jika pada tahun-tahun sebelumnya, acap kali bulan Ramadhan, Volume sampah dari Kota Kuala Tungkal selalu bertambah, maka berbeda dengan tahun ini. Pada Ramadhan tahun ini, volume sampah justru mengalami penurunan drastis. Penurunan volume sampah mencapai 40 persen dari hari biasanya.
Dari data Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tanjab Barat, sampah yang dihasilkan Kota Tungkal pada hari biasa mencapai 10 truk per hari. Namun pada bulan puasa ini, volume sampah hanya berkisar 6 sampai 7 truk sampah saja.
Kadis DLHD‎ Tanjab Barat, Suparjo, kepada wartawan, Kamis (7/6/2018) siang mengatakan,  penurunan volume sampah yang terjadi saat ini, lebih cenderung dari sampah rumah tangga‎. Sementara sampah yang dihasil pedagang di sejumlah pasar di ibu Kota Kabupaten tidak mengalami peningkatan.
“Karena bulan puasa,dan juga jadi anak-anak sekolah libur,  warga yang jajan pun berkurang. ‎Makanya, volume sampah cuma 56 persen .,”beber mantap Kadis Perijinan Terpadu ini.
Ditambahkan Suparjo, diperkirakan volume sampah ilnantinya akan mengalami meningkat di malam takbiran. Untuk itulah, pihaknya akan meminta kerja ekstra para pasukan orange. Bahkan para driver pun yang membawa sampah dari Kuala Tungkal ke TPA harus menjalani dua rit setiap hari.
“Untuk ini, kita tidak menambah petugas, cuma waktu kerja petugas saja yang diperpanjang. Dalam artian lembur gitu..”tukasnya mengakhir pembicaraan.(iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...