Realisasi PKH Batanghari Capai 100 Persen

0
SERUJAMBI.COM, Marabulian – Penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Batanghari pada tahun 2017 lalu sudah mencapai 100 persen atau 4.853 jiwa penerima manfaat telah menerima bantuan tersebut.
“Untuk penyaluran tahun 2017 sudah mencapai 100 persen, total bantuan yang diberikan dalam empat tahap berjumlah Rp9 miliar lebih,” kata Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Batanghari Yusuf, Senin (15/1/2018).
Dari delapan kecamatan, Kecamatan Maro Sebo Ulu merupakan kecamatan dengan penerima manfaat tersebar. Ada 1.390 jiwa penerima manfaat dari kecamatan tersebut. Sementara jumlah penerima manfaat terkecil berada di Kecamatan Maro Sebo Ilir dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 204 jiwa.
Yusuf mengatakan jumlah penerima manfaat dalam setiap kecamatan tersebut berdasarkan jumlah warga miskin yang terdata dalam Basis Data Terpadu (BDT). Sesuai dengan permensos nomor 10 tahun 2016 tentang penggunaan data terpadu dalam program penanggulangan kemiskinan.
Pada tahun 2018 ini pendamping PKH telah melakukan validasi data terkait jumlah calon penerima manfaat yang akan meneriman bantuan PKH pada tahun ini. Ada 9.339 jiwa penduduk di daerah itu yang telah di akomodir untuk dimasukkan dalam data calon penerima manfaat PKH.
“Data yang telah kita validasi tersebut sudah di kirim ke kemensos, saat ini kita menunggu ferifikasi dari kemensos terkait jumlah penerima manfaat yang akan mendapatkan bantuan PKH tersebut,” kata Yusuf.
Sementara itu berdasarkan data terpadu dari kemensos pada smester 1 tahun 2017, jumlah masyarakat miskin di batanghari ada 85.960 jiwa, dari 308.249 jiwa jumlah penduduk di daerah itu. Dan berdasarkan data tahun 2016, sekitar 10 ribu keluarga di daerah itu belum terakomodir dalam program PKH tersebut.
“Pada bulan maret tahun ini kita akan kembali melakukan validasi terkait jumlah penduduk yang telah terakomodir dan yang belum terakomodir dalam program PKH tersebut,” katanya menambahkan. (riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...