SAD di Merangin Resah, Takut Tak Dapat Gunakan Hak Pilih

0
pemilu
Ilustrasi pemilu. (ist)
SERUJAMBI.COM, Merangin – Ratusan orang dari Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Wilayah Kabupaten Merangin, dipastikan dapat mengeluarkan hak pilih dalam pesta demokrasi pada 27 Juli mendatang.
Dari data yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merangin, ada 300 kepala keluarga dari SAD.
Jika dikalkulasikan maka jumlah totalnya mencapai 800 orang.
Meski jumlah pemilih SAD lumayan besar, tapi masih ada sebagian warga SAD yang merasa resah, takut tak dapat menggunakan hak pilih mereka. Pasalnya hingga saat belum terdata oleh Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK), contoh kecilnya saja, ada 25 KK warga SAD yang bermukim di Desa Mentawak hingga saat ini belum didatangi oleh PPK setempat.
Warga SAD yang ada di Desa Mentawak mengatakan jika dirinya sudah lama mempunyai Kartu Keluarga, namun dalam Pilkada Kabupaten Merangin ini tidak ada satupun panitia pemilihan kecamatan yang datang untuk mendata.
“Di sini saya selaku temenggung, belum pernah didatangi oleh Panitia Pemilihan baik dari kecamatan maupun desa, kami sudah mempunyai kartu keluarga dan artinya sudah bisa ikut memilih di pilkada nanti,” ungkap Temenggung Jon, Kamis(22/2/2018).
Terpisah Kadis Dukcapil Merangin Jailani, mengungkapkan sudah cukup banyak SAD yang terdata sebagai penduduk Merangin.
“Ada 300 kartu keluarga yang sudah kita keluarkan untuk warga SAD,dan jika di kalkulasikan setiap KK ada 3 orang,maka jumlahnya ada 800 lebih yang bisa memilih di pilkada yang akan datang,” jelasnya.
Jailani juga mengatakan,untuk warga SAD yang belum mempunyai KTP namun mempunyai KK,dirinya akan membuatkan surat keterangan agar bisa ikut serta di Pilkada nanti.
“Nanti yang tidak ada KTP, akan kita buatkan Suket menjelang KTPnya keluar, dan mudah-mudahan seluruh warga SAD bisa berpartisipasi menyikseskan pilkada Kabupaten Merangin,” jelasnya. (fji)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: