SAH Ajak Usaha Kreatif Bangun Pola Pikir Industri

0
Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra
Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra
SERUJAMBI.COM, Jambi – Pelaku kreatif di Indonesia perlu merubah cara berfikir (Mindset) dalam menjalankan usahanya, dari yang sebatas usaha rumah tangga ke pola Industri.
Penegasan ini disampaikan Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) dalam diskusi membangun jati diri usaha kreatif anak bangsa di Hotel Sahid Jakarta kemarin (15/1/2018).
Menurutnya tantangan terbesar usaha kreatif di tanah air terletak pada pola pikir rumahan tentang usaha kreatif itu sendiri.
“Padahal ini sangat menentukan lahirnya kreativitas – kreativitas baru dalam mengembangkan usahanya, seperti Negara Belanda itu sangat dikenal industri Bunga Tulip dan kejunya, dan sektor ini dikuasai industri rumah tangga, tetapi meskipun rumah tangga pola pikir mereka sudah skala industri yang memiliki strategi produksi dan pasar yang maju,” ungkap Anggota Fraksi Partai Gerindra tersebut.
Karena selama ini kelemahan pola pikir ini menyebabkan industri kreatif di tanah air sangat lemah akan teknologi produksi dan pasar, kita puas dengan beberapa puluh produk yang terjual, tanpa berfikir bagaimana branding, packing, pangsa pasar hingga paten produk.
Akibatnya dari tahun ke tahun Industri kreatif kita tidak beranjak dari industri rumahan atau hobby semata. Namun SAH mengakui untuk mencapai level tersebut diperlukan sinergitas yang kuat di antara pemangku kepentingan, baik pemerintah dan usahawan itu sendiri.
“Faktanya hari ini masih sangat banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan jika ingin membawa usaha kreatif kita pada level Industri, tapi setidaknya kita harus berani memulai, membina mereka, mendampingi dan memberi penguatan akan ide dan produk mereka,” tandasnya.(*/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: