SAH Minta Pemerintah Lebih Perhatikan Perguruan Tinggi Swasta

0
Sutan Adil Hendra
Pimpinan Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra
SERUJAMBI.COM, JambiĀ – Pimpinan Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH) mengatakan bantuan APBN bagi perguruan tinggi swasta saat ini dinilai kurang adil dalam pengembangan pendidikan di Tanah Air. Pernyataan ini SAH sampaikan ketika menghadiri acara pelantikan pengurus Aptisi Provinsi Jambi (26/7/2018) kemarin di Abadi Convention Center (ACC).
“Perhatian pemerintah pada PTS perlu ditingkatkan, kita ambil contoh tahun lalu saja anggaran hanya Rp 300 miliar dari total anggaran Rp 44 triliun,” ungkapnya.
Anggota Fraksi Partai Gerindra itu menyatakan program lainnya juga menunjukkan ketimpangan. Misal program beasiswa bidikmisi dan juga peningkatan prestasi akademik. Dari total 250.000 jatah beasiswa, perguruan tinggi swasta (PTS) hanya mendapatkan 50.000 saja. Sedangkan sisanya diambil oleh perguruan tinggi negeri (PTN).
“Padahal jika mengacu fakta, mayoritas mahasiswa Indonesia berasal dari PTS. Yakni sebesar 70% dari total 6 juta mahasiswa Indonesia,” jelasnya.
Terkait masalah kebijakan pembekuan kampus ‘abal-abal’, pihaknya juga memberikan masukan. Pembekuan agar dilihat secara detail kesalahan yang ada. Misal jika sebatas problem rasio pengajar dengan mahasiswa, hal tersebut tak semestinya sampai dinonaktifkan. Cukup sebatas dibina hingga mencapai rasio yang ideal.
“Sebab kita mesti berpikir jangka panjang. Misal langsung dinonaktifkan ini akan membuat citra PTS langsung jelek di mata masyarakat,” jelasnya.
Kecuali, ungkap dia, jika bentuk pelanggaannya seperti penerbitan ijazah palsu, itu lain soal. Hal tersebut sudah tepat jika langsung ditindak dengan tegas. “Karena kita juga harus menyadari PTS juga bagian dari tanggung jawab pemerintah untuk melakukan pembinaan,” pungkasnya.(*/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...