SAH Sosok Dibalik Gemilangnya Elektabilitas Partai Gerindra di Provinsi Jambi

0
SERUJAMBI.COM – Figur dan ketokohan Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) menjadi sosok dibalik gemilangnya elektabilitas Partai Gerindra di Provinsi Jambi. Pernyataan ini merupakan hasil temuan Survei Lembaga Kajian Politik Regional (LKPR) periode Oktober 2018 kemarin.
BACA JUGA: Oknum Guru Ngaji Cabuli 2 Muridnya
Dalam survei yang bertajuk peta elektoral capres dan pileg pemilu 2019 di Provinsi Jambi tersebut mengambil sampel 1600 responden di 11 kabupaten kota dalam Provinsi Jambi dengan teknik cluster random sampling.
Teknik penarikan sampling dengan sistem cluster ini dilakukan untuk mendapatkan kedalaman data di tiap daerah pemilihan kabupaten kota di Jambi, ungkap Aulia Fadli Managing Riset LKPR di Resto Pondok Kelapa (28/10) kemarin.
Menurutnya hasil dari survei ini menyatakan bahwa Partai Gerindra memiliki elektabilitas yang tinggi diantara partai peserta pemilu lainnya.
“Ada 24,14 persen elektabilitas Gerindra se-Provinsi Jambi, dan tertinggi dari partai politik lainnya,” ungkapnya.
Tingginya elektabilitas Gerindra ini tidak terlepas dari dua faktor utama yang menjadi pondasi kokohnya elektoral partai berlambang burung Garuda tersebut. Pertama, dampak elektoral pasangan Prabowo Sandi yang sangat melekat dengan partai Gerindra dan yang kedua, sosok dari Sutan Adil Hendra ketua DPD Partai Gerindra provinsi Jambi.
“Untuk issu lokal faktor ketokohan dan kinerja SAH di DPR menjadi penopang utama dari elektabilitas Partai Gerindra di Provinsi Jambi, dimana hampir mayoritas responden mengaku puas akan kinerja beliau selama di Senayan,” katanya.
Namun Aulia Fadli mengingatkan dalam kurun waktu lima bulan menjelang pemilihan ini perubahan elektabilitas bisa terjadi.
Dimana menurutnya trend elektabilitas itu di awal – awal kampanye memang dipengaruhi oleh faktor ketokohan yang dimiliki partai, namun nanti akan juga dipengaruhi oleh pergerakan para calon legislatif masing-masing partai.
BACA JUGA: Driver Taksi Online Setubuhi Gadis ABG Hingga 25 Kali
“Fenomena ini harus diwaspadai oleh partai – partai besar yang selama diuntungkan dengan efek elektoral capres, karena nanti faktor pergerakan caleg juga akan memberi pengaruh yang besar,”  tandasnya. (*/esa)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: