SAH Terima Aduan Petani, Tentang Hidup yang Makin Susah

0
SERUJAMBI.COM, Jambi – Anggota DPR RI dari Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) merupakan salah satu legislator Senayan yang merakyat, hampir tiap minggu tokoh yang dikenal ramah itu menyapa konstituen nya di Provinsi Jambi.
Seperti kemarin (24/7/2018) Anggota Fraksi Gerindra DPR terlihat menerima kunjungan para perwakilan kelompok tani dan dari berbagai kabupaten dalam Provinsi Jambi.
Pertemuan dengan para petani tersebut merupakan tindak lanjut dari diskusi pada acara puncak peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) di Batanghari beberapa hari lalu. Pada waktu itu Perwakilan DPD HKTI sempat melakukan dialog dengan para petani, dalam kesempatan itulah para petani ini menyampaikan keinginannya untuk bertemu dan berdialog dengan SAH selaku wakil mereka di Senayan.
Keinginan para petani tersebut dengan cepat direspon oleh SAH yang langsung mengagendakan kunjungan ke Jambi untuk bertatap muka dengan perwakilan kelompok tani karet dan sawit tersebut.
Dalam pertemuan yang dilaksanakan di rumah kediaman pribadi SAH tersebut petani mengeluhkan tentang kehidupan mereka yang semakin sulit dari hari ke hari.
Menurut mereka dengan harga sawit dan karet yang tak menentu membuat ekonomi mereka semakin susah. Pengakuan ini disampaikan Safardi salah seorang petani karet di daerah Mestong Muaro Jambi.
Dalam ceritanya kehidupan petani di pedesaan tidak bisa lagi mengandalkan dari berkebun karet, karena harga yang makin turun.
“Kami tak bisa lagi mengandalkan hasil karet untuk menopang hidup, karena harganya terus turun, sedangkan harga barang-barang makin meningkat,” keluhnya.
Dalam menanggapi keluhan petani ini SAH mengatakan dirinya amat prihatin dengan nasib yang dialami petani di Jambi. Namun ia mengatakan kondisi ini jangan membuat petani patah arang, justru dengan kondisi yang sulit ini diperlukan kreativitas untuk menambah penghasilan.
“Saya paham nasib petani, karena saya juga petani, tapi kondisi sulit ini tidak bisa kita lalui dengan mengeluh, justru dengan kondisi yang dihadapi sekarang ini harus membuat kita makin kreatif mencari sumber penghasilan lain,” jelasnya.
Salah satu solusi yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan melibatkan petani menjadi wirausaha mandiri secara kreatif.
“Insya Allah saya akan mengajak petani ini untuk mengikuti pelatihan penggemukan sapi di Bogor, sehingga ada keahlian lain yang bisa mereka jalankan selain menyadap karet,” ungkapnya.
Tawaran SAH ini diterima dengan penuh semangat oleh petani, karena program seperti ini yang mereka tunggu untuk mengatasi masalah ekonomi mereka di pedesaan.
“Kami bersyukur ada Anggota DPR yang peduli pada nasib kami, terima kasih Pak SAH,” ungkap para petani tersebut pada Ketua DPD HKTI Provinsi Jambi tersebut.(*/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...