Selundupkan Narkoba, Tiga Terdakwa Divonis Mati

0
Vonis mati
Selundupkan Narkoba, Tiga Terdakwa Divonis Mati
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Pengadilan Negeri (PN) Kualatungkal kembali mengeluarkan vonis mati untuk terdakwa kasus narkoba. Kali ini, vonis mati dikeluarkan untuk tiga orang terdakwa sekaligus.
Tiga terdakwa yang dijatuhi hukuman mati tersebut yaitu, Zulkifli alias Pak Cik (45), Supratman alias Endang (40) dan Nunu alias AA (33). Ketua Majelis Hakim, Achmad Peten Sili, menjatuhkan hukuman mati, karena para terdakwa terbukti bersalah atas kepemilikan 3,5 kg sabu.
Vonis yang dikeluarkan pengadilan  tersebut, lebih besar dari tuntutan yang diberikan jaksa. Dimana Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa dengan dakwaan alternatif yaitu kesatu melanggar pasal 114 (2) UURI no 35 tahun 2009 tentang Narkotika atau kedua melanggar pasal 112 (2) UURI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.
Dalam surat tuntutannya, JPU menuntut para terdakwa masing-masing hanya  18 tahun penjara. Sedangkan dalam putusan Majelis Hakim PN Kuala Tungkal, memutuskan kepada para terdakwa masing-masing dengan hukuman mati. Atas putusan tersebut para terdakwa dan penasehat hukum langsung mengajukan banding.
Kepala PN Kuala Tungkal, Achmad Peten Sili, melalui Humas PN Kuala Tungkal, Deny Hendra, saat dikonfirmasi mengatakan, Putusan Vonis hukuman mati oleh PN Kuala Tungkal terhadap tiga terdakwa telah dibacakan pada hari selasa 10 April 2018 pukul 14.00 WIB. Masing-masing terdakwa dijatuhi vonis dengan hukum mati.
“Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai bahwa para terdakwa ini dinyatakan terbukti bersalah atas kepemilikan narkotika jenis sabu sabu dan bertentangan dengan Undang-undang narkoba,” terang Deny.
Dikatakan Deny, jika kepemilikan narkoba ketiga terdakwa masuk kategori banyak, yaitu mencapai  3,5 kg. Barang bukti tersebut juga akan segera dimusnahkan. Selain narkoba, terdapat juga sejumlah barang bukti lain, seperti  handphone dan sejumlah uang dalam bentuk dollar singapura dan rupiah. Uang tersebut kemudian diserahkan pada negara.
Atas upaya banding yang dilakukan para terdakwa, PN Kualatungkal mempersilahkannya. Karena pengajuan banding merupakan hak para terdakwa. “Ya silahkan saja,” tandasnya. (iis)
Loading Facebook Comments ...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: