Sempat Mengejar, Timnas Indonesia U-19 Kalah dari Qatar dengan Skor 5-6

0
SERUJAMBI.COM – Timnas Indonesia U-19 selangkah lagi melakoni comeback fenomenal, namun akhirnya harus rela menelan kekalahan 5-6 dari Qatar pada laga matchday 2 Grup A PIala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (21/10/2018) malam WIB.
Tampil dengan pertahanan keropos, sebagaimana para pemain Indonesia kerap melakukan kesalahan-kesalahan elementer, skuat Garuda Nusantara asuhan Indra Sjafri tertinggal di babak pertama dengan skor 1-4.
Memasuki babak kedua, Indonesia sempat tertinggal dengan margin yang lebih jauh lagi, yakni 1-6. Namun, Garuda Nusantara perlahan bangkit, bahkan membuat kedudukan menjadi 5-6! Todd Rivaldo Ferre yang masuk sebagai pemain pengganti muncul sebagai super-sub dengan sumbangan hattrick-nya.
Sayang, di sisa waktu pertandingan, Indonesia gagal menyamakan skor dan harus rela urung meraup poin dari partai ini.
Di awal laga, Indonesia langsung menekan lewat sang megabintang, Egy Maulana Vikri. Namun, usaha dari sisi sayap kiri tersebut tak memberi ancaman berarti untuk gawang Qatar.
Tendangan bebas Luthfi Kamal di menit ketujuh kemudian masih bisa ditepis oleh kiper Qatar, Salah Zakaria Hasan. Sangat disayangkan memang, pasalnya arah tembakan Luthfi sudah tepat sasaran.
Petaka buat Indonesia terjadi di menit 11. Blunder fatal dilakukan oleh centre-back sekaligus kapten tim, Nurhidayat. Ia salah mengontrol bola di kotak penalti Indonesia saat menghalau umpan silang Abdul Rasheed Umaru. Hashim Ali pun dengan mudah membobol gawang Indonesia kawalan kiper Riyandi.
Abdul Rasheed kemudian menggandakan keunggulan Qatar tiga menit berselang. Nurhidayat lagi-lagi jadi biang kerok. Sang kapten gagal menghalau pergerakan Abdul Rasheed saat menerima umpan terobosan. Pemain Qatar dengan nomor punggung tujuh itu pun menaklukkan Riyandi untuk kedua kalinya.
Indonesia kian terpuruk dengan gol dari Mohammed Waad Albayati pada menit 25. Tendangan keras sang pemain dari luar kotak penalti meluncur deras ke gawang Indonesia setelah sebelumnya deflected mengenai Nurhidayat. Lagi-lagi Nurhidayat turut andil dalam bobolnya gawang tim Garuda Nusantara.
Menit 29, Indonesia membuka asa ketika tendangan bebas Luthfi masuk ke gawang Qatar. Sepakan melengkung Luthfi meluncur ke pojok kiri atas gawang Qatar.
Egy kemudian melewatkan peluang bagus di menit 31. Tendangannya dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis Salah Zakaria hingga cuma berbuah tendangan sudut.
Kembali bernafsu menyerang meski telah kebobolan, Qatar kemudian mampu memperlebar keunggulan mereka di menit 41. Abdul Rasheed mencetak gol dengan tendangan dari dalam kotak penalti setelah mengecoh seorang pemain belakang Indonesia.
Skorl 4-1 pun menutup jalannya pertandingan babak pertama.
Memasuki babak kedua, Indonesia kebobolan gol kelima di menit 51. Abdulla Nasser M Almurisi menusuk dari sayap kanan, lalu mengirim crossing. Sontekan Abdul Rasheed masih bisa diblok oleh kiper  Riyandi, namun bola muntah bisa disambar oleh Hashim Ali.
Qatar kian menjadi setelah mencetak gol keenam mereka di menit 56. Abdul Rasheed membukukan hattrick-nya di laga ini. Umpan terobosan Mohammed Waad berhasil dikejar dan dikonversi Abdul Rasheed untuk menjadi gol. Indonesia tertinggal 1-6.
Indonesia sendiri mencetak gol kedua mereka di laga ini  via tendangan bebas di menit 56. Rivaldo Ferre yang melakukan eksekusi dari sisi kiri, berhasil mendaratkan bola ke pojok kiri atas gawang Qatar.
Setelah gol Rivaldo Ferre, kiper Indonesia Riyandi melakukan penyelamatan penting di menit 67. Dalam situasi sudah one-on-one, Riyandi berhasil meredam sepakan Abdul Rasheed.
Indonesia lantas kembali mencetak gol via tendangan bebas di menit 69. Namun, kali ini Saddil Ramdani yang menjadi aktornya. Sepakan free kick sang winger berhasil menembus gawang Qatar.
Indonesia seperti tersengat setelah mencetak gol ketiga mereka tersebut. Rivaldo kemudian mencetak gol sensasional, di mana ia melakukan aksi solo-run melewati tiga pemain belakang Qatar sebelum mencetak gol dari dalam kotak 16. Indonesia mulai mengejar, skor kini 4-6!
Setelah Egy melewatkan peluang emas di menit 74, Rivaldo mencetak hattrick di menit 81, lagi-lagi lewat aksi solo-run! Setelah meliuk-liuk masuk kotak penalti Qatar, Rivaldo melepaskan tendangan jarak dekat yang bersarang di gawang lawan. Skor kini 5-6, what a match!
Setelah itu, Indonesia berusaha mati-matian untuk mendapatkan gol penyama kedudukan sekaligus setidaknya mengamankan raihan satu poin dari laga ini. Namun, Garuda Nusantara gagal lolos dari lubang jarum. Indonesia harus mengaku kalah pada laga yang diwarnai 11 gol ini.
Dengan kekalahan 5-6 Indonesiaini, persaingan untuk lolos ke fase gugur dari Grup A pun kian menarik. Indonesia dan Qatar kini sama-sama mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan. Namun, Indonesia harus puas sementara bercokol di peringkat ketiga, sementara Qatar ada di posisi kedua karena unggul head-to-head. (fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: