Sosis Mengandung Babi Ditemukan di Hypermart Bungo 

0
Hypermart Bungo 
Sosis Mengandung Babi Ditemukan di Hypermart Bungo 
SERUJAMBI.COM, Muarabungo – Badan POM Jambi bersama Dinas Kesehatan Bungo, turun melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa mini market, Kamis (22/3). Sidak ini dilakukan terkait maraknya cacing pita di dalam makanan kaleng.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, melalui bagian seksi kefarmasian Novriyanti, mengatakan, tidak ada cacing pita pada makanan kaleng seperti yang terjadi di daerah lain.
“Hanya saja, yang kita temukan di Hypertmart Bungo sosis berbahan baku babi, produk kemasan rusak, dan juga produk kadaluarsa ,” ucap Novriyanti.
Dijelaskan, selain menyalahi izin edar, sosis berbahan baku babi tersebut juga dijual dalam satu tempat dengan produk lain. Seharusnya, produk tersebut dijual terpisah.
“Seharusnya ditulis mengandung babi dan juga dijual di tempat khusus. Tapi saat kita temukan berada di tempat yang sama. Bisa saja konsumen yang tidak tahu membeli dan mengkonsumsi sosis tersebut ,” jelasnya.
Untuk makanan yang berbahan baku daging ataupun daging segar, izinnya seharusnya dari BPOM. Tapi sosis yang ditemukan ini memiliki izin Pangan Industri Rumah Tangga. Ini sudah jelas menyalahi aturan.
“Hal ini sudah seringkalai terjadi di Hypermart. Pada tahun 2016 lalu juga pernah menjual produk tanpa izin, dan juga produk mengandung lemak babi yang dijual tidak terpisah ,” tutupnya.
Terpisah, Sofyan Efendi, manajer suporting Hyperpermart mengakui kesalahannya. Menurutnya, terkait izin itu adalah ranahnya suplayer, bukan menjadi tanggungjawab pihaknya.
“Kalau untuk ekspayer memang kesalahan kita. Kalau untuk sosis babi, cuma karena diacak oleh konsumen saja. Beberapa waktu lalu sudah diberikan merek tidak halal, tapi merek tersebut hilang,” sebutnya.(frs)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: