Suara Dentuman Misterius di Sumsel Ternyata dari Gunung Anak Krakatau

0
letusan-gunung-anak-krakatau
Foto udara letusan gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Minggu (23/12). (ist)

SERUJAMBI.COM – Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau Lampung memastikan, suara dentuman yang membuat resah masyarakat di Sumatera Selatan, hingga ke daerah Jawa Barat berasal dari aktivitas erupsi gunung vulkanik tersebut.

BACA JUGA : Telan Anggaran 4,2 Miliar, Jembatan Sungai Sambiyo Hanya Berumur Satu Tahun

Menurut Kepala Pos Pemantau Gunung Krakatau Lampung Suwarno, aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau masih berlangsung, diiringi suara bergemuruh yang menggelegar.

Lantangnya suara dentuman tersebut juga dipengaruhi arah angin yang menuju ke timur. “Arah angin mendukung. Dalam kasus Sumsel, araha angin menuju timur,” kata Suwarno, dilansir dari laman Suara.com (media partner Serujambi.com), Rabu (26/12/2018).

Ia memaparkan, selain suara, getaran akibat erupsi GAK juga bisa dirasakan masyarakat di luar area  Lampung bahkan Sumsel.

Erupsi Gunung Anak Krakatau, jelas Suwarno, telah terjadi sejak Mei 2018 dan berlangsung sampai kekinian dan juga sempat menimbulkan tsunami di Banten – Lampung.

Ia mengimbau warga Sumsel tetap waspada. Sebab, material debu vulkanik Gunung Anak Krakatau bisa saja diterbangkan angin hingga ke Sumsel.

BACA JUGA : Dituding Hambat Proses PAW, Ini Kata Ketua DPRD Provinsi Jambi

“Sumsel masih kategori aman, karena jaraknya cukup jauh. Dampaknya hanya debu vulkanik.” (fok)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: