Telan Anggaran 4,2 Miliar, Jembatan Sungai Sambiyo Hanya Berumur Satu Tahun

0
Jembatan Sungai Sambiyo Desa Talang Datar (Unit VI) Kecamatan Bahar Utara yang mengalami keretakan. Foto: Doni/Serujambi.com
Jembatan Sungai Sambiyo Desa Talang Datar (Unit VI) Kecamatan Bahar Utara yang mengalami keretakan. Foto: Doni/Serujambi.com

SERUJAMBI.COM, Sengeti – Pembangunan Jembatan Sungai Sambiyo Desa Talang Datar (Unit VI) Kecamatan Bahar Utara yang menelan anggara APBD Kabupaten Muarojambi senilai Rp 4,2 miliar hanya berumur satu tahun.

BACA JUGA : Tutup Tahun 2018, Kejari Tebo Terima Uang Denda dari Keluarga Hasnadi…

Dikatakan Wawan yang merupakan warga setempat, Jembatan ini  dimulai di operasikan sekitar awal tahun 2018 dan sejak satu bulan yang lalu telah mengalami keretakan parah.

“Kalau dibuka pelangnyo (mulai digunakan, red) sekitar tahun baru kemaren. Sekitar sebulan atau sebulan setengah kemudian sudah retak,” ungkapnya.

Lanjutnya, dengan menelan anggaran miliaran rupiah ini, tidak sangat tidak sesuai dengan kondisi bangunan fisiknya. Dimana, ia menilai dengan anggaran sebesar itu, seharusnya kondisi fisiknya bisa bertahan hingga belasan tahun.

“Masa baru sebulan dilewati sudah retak bang gimana pengawasannya,” keluh dia.

Pantauan awak media di lapangan, terlihat pada ke empat sisi bahu jembatan retak. Retak tersebut tak hanya pada bagian atasnya, namun menyasar hingga ke bagian bawahnya.

Sementara itu, Desnat tokoh masyarakat Sungai Bahar menyebutkan bahwa pemerintah melalui instansi terkait dalam hal pengawasan pembangunan haruslah lebih profesional.

“Kami selaku masyarakat tentu sangat kecewa bila baru dibangun sudah retak,” katanya.

Selain itu, kata dia, keretakan ini juga rentan menyebabkan resiko bagi masyarakat yang melalui jembatan tersebut.

BACA JUGA : Unjuk Rasa, Warga Mandiangin Sebut Saihu Ingkar Janji

“Membahayakan juga bagi pengguna. Kita berharap Pemkab tinjau ulang dan melakukan kroscek dengan kondisi jembatan saat ini. Karena, saya yakin kalau kondisinya seperti itu, pembangunan tersebut disinyalir tidak sesuai bestek,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pembangunan jembatan Sambiyo ini dikerjakan oleh PT Belimbing Sriwijaya.(don/den)

Loading Facebook Comments ...
loading...