Terbanyak, Imunisasi MR Capai 74 Persen

0
Ilustrasi Imunisasi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Pemberian Imunisasi vaksin Measles Rubella (MR), di Kabupaten Tanjab Barat, diklaim sebagai yang tertinggi di Provinsi Jambi. Realisasi pencapaiannya, menembus 74 persen dari target yang ada.
Dikataka Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanjab Barat, dr Johanes Sitorus, pemberian vaksin MR kepada anak sekolah telah mencapai 60 persen, sedangkan balita mencapai 14 persen. Total keseluruhan mencapai 75 ribu jiwa. Pencapaian target bagi balita saja yang belum tercapai seluruhnya. Dari sisa target 40 persen, baru tercapai 14 persen.
“Untuk data hari ini, pemberian vaksin rubella kepada balita tercapai 14 persen. Yang tadinya ada menolak, ada yang datang ke kita, langsung diimunisasi,” kata Johanes.
Menurut Johanea, belum ada keluhan dari masyarakat pasca imunisasi MR yang dilakukan petugas di lapangan. Tidak juga ditemukan adanya efek samping. Terbukti tidak ada laporan terkait keluhan pasca penyuntikan.
Diakui Kabid tersebut, jika ada beberapa pesantren memang menolak pemberian vaksin ini untuk disuntikkan kepada pelajarnya. Namun setelah didatangi dan diberikan penjelasan oleh petugas, mereka bersedia.
“Seperti di Betara, kita telah datangi dan berikan penjelasan, akhirnya mereka bersedia disuntikkan vaksin rubella,” terangnya.
Sementara itu, terkait temuan kasus penyakit rubella, dari pantauan dinas kesehatan tidak ditemukan. Kendati demikian, pihak dinas tetap berupaya agar jangan sampai penyakit tersebut masuk ke Tanjab Barat. Karenanya, daerah yang berbatasan dengan Riau menjadi target utama. (Iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: