Terindikasi Curang, SPBU di Batanghari Akan Diukur Ulang

0
Ilustrasi Petugas SPBU Saat Mengisi Bahan Bakar. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Batanghari, terindikasi banyak kecurangan. Khususnya pada takaran bahan bakar.
Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Batanghari Suparno. Untuk itu kata Suparno pihaknya sudah menyiapkan alat ukur atau tera untuk mengukur ulang takaran di setiap SPBU.
“Sebelum melengkapi Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan ditempatkan di UPTD yang akan dibentuk, maka terlebih dahulu harus menyiapkan peralatannya,” ujar Suparno.
Dikatakannya, selama ini pengujian tera dan tera ulang hanya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi. Hal itu dikarenakan Batanghari belum memiliki UPTD Kemetrologian sebagai UPTD tekhnis yang melakukan pengujian tersebut.
Namun, sebelum UPTD tekhnis tersebut di bentuk, perlu dipersiapakan peralatan dan SDMnya, sehingga setelah UPTD dibentuk maka langsung dapat melakukan tugas-tugasnya.
“UPTD Kementrologiannya akan dibentuk pada tahun 2019,” sebutnya.
Dijelaskannya, UPTD Kementrologian tersebut nantinya akan melakukan ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapan (UTTP) pada timbangan-timbangan di seluruh pasar harian dan mingguan di daerah itu. Selain itu juga akan melakukan tera/tera ulang pada SPBU dan lokasi penimbangan.
Selain melengkapi peralatan uji tera/tera ulang, pemerintah  juga akan melakukan pelatihan terhadap SDMnya sebagai pelaksana pengujian.
“Pada bulan juli mendatang kita akan mengirimkan dua orang petugas kita untuk melaksanakan pelatihan di Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.
Pengadaan peralatan standar uji kerja tera/tera ulang tersebut dilakukan melalui e-katalog dengan menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Batanghari.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...