Tiga Anggota DPRD Tanjab Barat Dilantik Besok

0
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Setelah melalui proses pergantian antar waktu (PAW) yang panjang, rencananya besok Rabu, tiga anggota DPRD Tanjab Barat yang baru akan dilantik. Proses pengambilan sumpah dan pelantikan akan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanjabbar Faisal Riza.
Tiga anggota dewan yang akan dilantik tersebut yaitu, M Yunus dari partai Nasdem yang akan menggantikan Riano Jayawardhana Nasution. Lalu Arsil dari PAN yang akan menggantikan Syamsul Alam. Kemudian Mashur dari Partai Gerindra yang akan menggantikan J Simamora.
Riano diberhentikan lantaran tersangkut kasus hukum, yaitu penistaan agama beberapa waktu lalu. Sedangkan Syamsul Alam, berhenti dari anggota dewan lantaran diberhentikan oleh partai. Sementara J Simamora, sengaja berhenti. Keduanya sebelumnya telah sepakat melakukan PAW secara internal.
J Simamora menjabat tiga tahun, dan penggantinya Mashur menjabat dua tahun. Hanya saja, dalam proses PAW keduanya, memakan waktu Sembilan bulan hingga melalui putusan Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra dan adanya putusan tetap di pengadilan, melalui gugatan yang dilakukan oleh J Simamora.
Adanya pelantikan ini dibenarkan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan), Agus Sanusi, ketika ditemui Selasa (18/9/2018) siang di ruang kerjanya. Ia mengatakan, ketiga anggota dewan yang di PAW telah mengantongi surat pemberhentian yang sah dari Gubernur Jambi. Begitu juga dengan dewan yang meneruskan jabatan, telah sah mengantongi surat pengangkatan.
“Surat pemberhentian Riano sudah keluar lebih awal di Agustus, dan menunggu dua lagi, Syamsul Alam dan J Simamora. Akhirnya PAW dilakukan serentak ketiganya,” kata Agus.
Mengenai gaji tiga anggota dewan yang berhenti telah distop. Seperti Riano, tidak bergaji terhitung ditetapkan sebagai terdakwa. Sedangkan J Simamora dan Syamsul Alam, tak menerima gaji sejak diterbitkannya surat pemberhentian.
“J Simamora dan Syamsul Alam gaji September sudah tidak nerima lagi,” kata Agus. (Iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: