Tiga Tahun ke Depan, Jambi Bakal Dipimpin Gubernur Tunggal

0
Zumi Zola ditahan
SERUJAMBI.COM, Jambi – Zumi Zola Zulkifli baru genap 2 tahun memimpin Provinsi Jambi sebagai Gubernur Jambi. Langkah Zola terhenti setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap anak kandung Zulkifli Nurdin (ZN) mantan Gubernur Jambi dua periode. Berbeda dengan Zola yang masih menyisakan tiga tahun lagi kepemimpinan dengan program Jambi Tuntasnya.
BACA JUGA: Tangisan Pengunjung KPK Iringi Penahanan Zumi Zola
Lantas bagaimana nasib Provinsi Jambi tanpa kehadiran Zola? Akademisi dari Fakultas Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN-STS) Jambi, Yulfi Alfikri Nur, mengungkapkan Provinsi Jambi ke depan akan dipimpin oleh Gubernur Tunggal tanpa ada orang yang menduduki kursi wakil gubernur.
BACA JUGA: Ini Foto-foto dan Video Zumi Zola Ditahan KPK
“Kasusnya Jambi saat ini seperti Ahok, yang saat itu Djarot memimpin Jakarta sendirian, juga sama seperti kasus Gubernur Sulawesi Tenggara. Bahkan di Riau juga sama,” ujar Yulfi kepada serujambi.com, Senin (9/4/2018).
BACA JUGA: Mahasiswa Desak Ganti Gubernur Jambi, Pasca Penahanan Zumi Zola
Untuk di Jambi, tentu yang akan menduduki BH 1 adalah Fachrori Umar. Namun, sambung Yulfi, sebelum Fachrori dilantik secara defenitif sebagai gubernur maka dia akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Jambi.
BACA JUGA: Aktivis Anti Korupsi: Jangan Sampai Jambi Dipimpin dari Balik Jeruji Besi
“Menjabat sebagai Pelaksana Tugas yang membedakannya terletak pada kewenangan yang dibatasi, hal ini tertuang dalam pasal 132A ayat 1 Peraturan Pemerintah No.49 tahun 2008,” sebut Yulfi.
BACA JUGA: Tahan Zola, KPK Dinilai Belum Berhasil
Sementara untuk tidak mengganggu roda Pemerintahan Provinsi Jambi, Yulfi menjelaskan Kementerian Dalam Negeri harus segera melakukan penunjukan Pelaksana Tugas untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur atau segera mungkin melakukan pelantikan Gubernur Jambi secara defenitif.
“Agar tugas-tugas pemerintahan bisa berjalan. Sehingga ada yang bertanggungjawab pada proses pengambilan keputusan politik pembangunan,” jelasnya.(hry)
Loading Facebook Comments ...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: