Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kerinci, Dosen Ilmu Sejarah Unja Promosikan Objek Wisata di Kecamatan Siulak

0
SERUJAMBI.COM, Jambi – Dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat, dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Jambi, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) melalui dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Sejarah mempromosikan wisata sejarah dan budaya di Desa Siluak Panjang serta Desa Dusun Baru, Kecamatan Siluak, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.
Ketua pengabdi, Apdelmi, S.Pd,M.Pd mengatakan bahwa hal tersebut bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Siulak.
“Cara yang kita gunakan yakni menunjukkan peninggalan sejarah sebagai objek wisata agar menjadi sumber pendapatan warga setempat,” kata Apdelmi, Rabu (19/9/2018).
Ditambahkan Apdelmi, juga selaku Sekretaris Prodi Ilmu Sejarah, ia menyampaikan bahwa dalam menghasilkan pengembangan promosi objek wisata ini juga bisa menggunakan secara tertulis.
“Seperti buku panduan wisata dan brosur yang berbasis sejarah, untuk meningkatkan pengetahuan dan pendapatan masyarakat,” tuturnya.
Selain itu, anggota pengabdi, Abdurrahman, S.Pd,MA menyebutkan bahwa mempromosikan objek wisata di Kecamatan Siulak ini, karena memiliki salah satu potensi wisata sejarah. Akan tetapi, keberadaan desa tersebut hanya diketahui oleh para tetua serta lembaga pemangku saja. Padahal sejarah yang ada disana berupa bangunan lumbung tua, beduk besar dan naskah kuno.
“Maka dari itu, kami selaku dosen Prodi Ilmu Sejarah yang melakukan pengabdian, ingin sekali mengembangkan sejarah-sejarah yang ada di desa ini. Agar masyarakat lainnya juga mengetahui sejarah disana,” sebutnya.
Terpisah, Ketua Prodi Ilmu Sejarah, Siti Syuhada, S.Pd,M.E menanggapi hal tersebut, dirinya sangat mendukung apapun kegiatan-kegiatan positif yang ada di Universitas Jambi khususnya Program Studi Ilmu Sejarah ini.
“Iya, saya sangat mendukung sekali. Apalagi jika wisata sejarah disana sudah berkembang, pastinya bakal banyak masyarakat lokal maupun luar yang datang kesana untuk melihat dan untuk penelitian. Dengan begitu pendapatan masyarakat setempat pasti ikut meningkat,” tandasnya.(don/fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: