Tips Atasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

0
SERUJAMBI.COM – Seperti yang kita ketahui, sering melihat layar komputer, handphone, atau elektronik lain membuat mata menjadi tidak sehat dan segar.
Pekerjaan yang mengharuskan untuk selalu menghadap layar komputer memang tidak mudah dan membuat mata lelah.
Selain itu, otot-otot mata menjadi tegang dan lebih parahnya dapat menyebabkan minus dan beberapa penyakit lainnya.
Untuk itu, berikut ada beberapa tips mengatasi mata yang lelah dan tegang akibat layar komputer.
1. Berkedip
Berkedip adalah salah satu cara yang paling efektif dan mudah. Cara ini akan menghindari ketegangan pada mata karena mengistirahatkan mata dan membuatnya tidak kering.
2. Senam mata
Hampir sama dengan berkedip, menurut beberapa ahli, senam mata memiliki manfaat memperkuat otot mata untuk menjaga mata agar tidak kering.
Caranya putarlah mata secara perlahan ke arah jarum jam sebanyak lima kali dan lakukan hal yang sama dengan memutar mata berlawanan jarum jam.
3. Istirahatkan mata 20 menit sekali
Istirahat dari komputer kamu saat sedang kerja selama 20 menit sekali dalam beberapa jam akan mengurangi ketegangan mata. Cara ini membantu merehidrasi mata kembali dan membuat kamu tetap fokus.
4. Hindari cahaya berlebih dan atur kecerahan layar
Menghindari cahaya berlebih pada layar komputer adalah hal yang penting untuk membuat mata tidak lelah.
Selain itu, atur kecerahan layar sesuai dengan cahaya di sekelilingmu. Pastikan cahaya layar tidak terlalu terang agar tidak melukai mata.
Jika kamu masih mengeluh karena mata lelah akibat terlalu sering menghadap layar gadget, cobalah lakukan tips-tips di atas. (fok/Himedik.com)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: