UNBK Perdana di Tanjab Barat Digelar di SMAN 1 Kualatungkal 

0
UNBK
UNBK di SMAN 1 Kualatungkal. (Rolies MS/Seru Jambi)
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Hari pertama pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA sederajat dilakukan kemarin (9/4/2018). Di Kabupaten Tanjab Barat, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) perdana, dilakukan di SMAN 1 Kualatungkal.
Sebanyak 279 siswa, yang terdiri dari 168 orang siswa jurusan IPA dan 122 orang siswa jurusan IPS melaksanakan ujian.
Fatahun Zubaidi, ketua panitia pelaksanaan UNBK mengatakan, kalau pada pelaksanaan UNBK ini seluruh siswa yang terdaftar hadir. Pelaksanaan ujian dilakukan dalam dua sesi. Hal ini dilakukan, karena keterbatasan alat pelaksanaan UNBK.
“Alhamdulillah, selama pelaksanaan Aan ujian tidak ada kendala, baik listrik maupun jaringan internet. Untuk antisipasi masalah listrik, kita juga sudah menyiapkan generator yang standby hingga Kamis,” jelasnya.
Pelaksanaan ujian di SMAN 1 Kualatungkal, dilakukan Ujian dalam 3 ruangan. Sebanyak 120 unit laptop disiapkan untuk pelaksanaan UNBK. Tapi laptop tersebut, kebanyakan merupakan milik siswa yang dipinjam.
Sebagai persiapan pelaksanaan UNBK ini, menurut Fatahun, pihaknya telah melakukan dua kali simulasi. Baik itu uji coba kekuatan server dan juga perangkat server nasional.
“Kita juga sudah melakukan try out untuk menguji kemampuan siswa,” terangnya.
Untuk masalah pengawasan, seperti ujian biasanya, pengawasan dilakukan dengan sistem silang. Dimana guru dari sekolah lain yang melakukan pengawasan di sekolah tersebut. Guru-guru dari SMAN 2 yang tahun ini mendapat giliran mengawas jalannya UNBK.
Selain siswa dari SMAN 1 Kualatungkal, pelaksanaan ujian juga diikuti oleh siswa yang menginduk ke sekolah tersebut. Sebanyak 23 orang siswa SMA PHI kemarin ikut serta melakukan pelaksanaan ujian. (iis)
Loading Facebook Comments ...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: