Usut Suap Pejabat Jambi, KPK Periksa Asiang

0
Gedung KPK. (ist)
SERUJAMBI.COM, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus suap yang melibatkan sejumlah pejabat di Jambi. Sejumlah saksi silih berganti diperiksa komisi antirasuah itu. Kali ini, sosok yang diperiksa adalah Joe Fandy Yoesman alias Asiang selaku Direktur Utama (Dirut) PT Sumber Swarnusa.
PT Sumber Swarnusa milik Asiang disebut-sebut sebagai rekanan yang sudah lama menjadi ‘langganan’ pengerjaan proyek di sejumlah instansi Pemprov Jambi.
Pemanggilan Asiang ini dibenarkan juru bicara KPK, Febri Diansyah. Pemeriksaan itu untuk menelusuri dugaan suap di dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jambi antara 2014 hingga 2017.
“Saksi Asiang diperiksa untuk melengkapi berkas tersangka ARN (Arfan),” ujar Febri di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2018).
Selain Asiang ada dua saksi lain yang juga pihak swasta yang ikut diperiksa KPK. Mereka adalah Andi Putra Wijaya dan Dedi Masyuni. “Kedua saksi lain ini juga diperiksa untuk tersangka ARN,” imbuh Febri.
Sebagaimana diketahui, pekan lalu KPK baru saja mengumumkan Gubernur Jambi, Zumi Zola sebagai tersangka dugaan kasus gratifikasi alias suap atas sejumlah proyek di Jambi. Nilainya lumayan besar, mencapai Rp 6 miliar.
Dalam kasus itu, KPK juga menetapkan mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Jambi, Arfan sebagai tersangka. Keduanya diduga menerima sejumlah pemberian hadiah atau gratifikasi atas pengerjaan sejumlah proyek di Jambi.
“Kasus ini berdasarkan hasil pengembangan penanganan perkara dugaan suap pengesahan RAPBD Jambi 2018,” ujar komisioner KPK Basaria Panjaitan Jumat pekan lalu. (san)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: