Waspada! BMKG Jambi Keluarkan Peringatan Dini Hujan Petir

0
Ilustrasi Hujan deras disertai badai dan guntur. (ist)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi mengeluarkan peringatan dini terjadinya hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah provinsi itu tiga hari ke depan atau hingga 27 Februari.
Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi, Nurangesti di Jambi, Minggu, mengatakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang, sore, malam dan dini hari di semua kabupaten/kota wilayah di Jambi.
“Hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di 11 kabupaten/kota di Jambi hingga 27 Februari,” kata Nurangesti.
Penyebabnya kata dia adanya sirkulasi tertutup di perairan wilayah Kalimantan Barat dan konvergensi terbentuk di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah hingga perairan Sulawesi Selatan.
Kemudian daerah belokan angin terdapat di wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Kalimantan Barat.
“Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan yang signifikan di wilayah Provinsi Jambi,” uajrnya.
Sebab itu, masyarakat Jambi diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca tersebut.
“Seperti banjir terutama di sekitaran daerah aliran sungai (DAS) Batanghari, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin di semua wilayah Jambi,” pungkasnya. (esa/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: