450 Anjing Liar di Batanghari akan Dieliminasi

0
joko
Kasi Kesehatan Masyarakat Vetiriner Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, Joko Purnomo

Seru Jambi, Muarabulian – Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan pada tahun 2019 ini kembali akan melakukan pemberantasan atau eliminasi terhadap hewan liar. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi tingkat populasi hewan liar dan sekaligus menekan kasus gigitan Hewan Penular Rabies (HPR).

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Kasi Kesehatan Masyarakat Vetiriner Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, Joko Purnomo mengatakan, tahun 2019 ini pihaknya akan kembali melakukan pemusnahan atau eliminasi terhadap hewan liar.

“Iya, kita menargetkan sebanyak 450 ekor anjing liar yang bakal dieliminasi atau musnahkan,” kata Joko Purnomo.

Dikatakan Joko, ratusan anjing liar yang menjadi target eliminasi tersebut tersebar di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari.

“Kegiatan Eliminasi tersebut akan kita lakukan sebanyak 11 tahapan,” sebutnya.

Nantinya dalam setiap proses eliminasi tersebit, kata Joko, petugas akan melakukan penyisiran ke setiap Desa-Desa yang dianggap banyak HPR yang berkeliaran, Serta tindakan eliminasi ini akan dilaksanakan pada malam hari dengan cara seperti, memberikan potongan daging atau kepala ayam yang sudah diberi racun.

“Untuk itu, kita meminta kepada masyarakat agar tidak melepas liarkan hewan peliharaannya. Jika ada hewan yang berkeliaran maka akan kita eliminasi,” pungkasnya.(riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...