51 CJH Asal Batanghari Masuk Kategori Resiko Tinggi

0
Ilustrasi Calon Haji. Foto: Istimewa

Seru Jambi, Muarabulian – Dari 145 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Batanghari, ternyata 51 CJH masuk dalam kategori Resiko Tinggi (Resti). Temuan ini didapat Dinas Kesehatan (Dinkes) Batanghari, setelah melakukan pemeriksaan terhadap CJH Batanghari yang akan berangkat ke tanah suci.

Seperti diketahui, Kabupaten Batanghari mendapat kuota sebanyak 145 orang di Tahun 2019. Dan dari 145 orang, 144 orang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dari situlah ditemukan 51 orang mengalami gangguan kesehatan. Artinya, hanya sebanyak 93 orang yang dinyatakan sehat.

“51 CJH asal Batanghari masuk kategori Resti, mareka adalah orang tua lanjut usia di atas 60 tahun dan mereka rata-rata mengidap penyakit hipertensi, kolestrol dan asam urat,” kata Dasmiwati, selaku salah satu Tim Pengelola Program Kesehatan Haji pada Bidang P2P Dinkes Batanghari.

Diterangkanya Dasmiwati, ada tiga kategori yang termasuk jamaah Resti. Adapun yang pertama, jamaah haji dengan umur di atas 60 tahun tanpa penyakit, kedua jamaah haji dengan umur di atas 60 tahun dengan penyakit dan ketiga jamaah haji berusia di bawah 60 tahun dengan penyakit.

Setelah pemeriksaan kesehatan dirampungkan, data riwayat kesehatan mareka CJH langsung di uploud ke buku kesehatan haji elektronik atau e-BKH. Sebab, presedor pelaporan sudah dilakukan secar online. Hal ini untuk memperudah pelayanan medis petugas yang berangkat ke tanah suci.

”Meskipun ada petugas medis yang selalu siap memantau, tapi diperlukan kesadaran dari jamaah itu sendiri untuk menjaga kesehatan. Mareka harus menjaga kondisi fisik mareka supaya penyakit yang di derita tidak kambuh ketika mareka menjalani ibadah disana,” tutupnya.(riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: